Para aktivis lingkungan "Greenpeace" berpakaian putih-putih melakukan aksi protes terhadap polusi udara oleh gas buang diesel di kota Stuttgart, Jerman selatan, pekan lalu. (foto: voa).

Kota-kota di Jerman akan Larang Mobil Disel

28 Feb 2018 12:03

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Kota-kota di Jerman akan melarang mobil yang menggunakan mesin disel. Sebuah pengadilan tinggi di Jerman, Selasa 27 Februari kemarin memutuskan, beberapa kota diperbolehkan  memberlakukan larangan mengemudikan mobil diesel guna memerangi polusi udara, dalam keputusan penting yang dapat mengguncang industri mobil.

Hakim di Pengadilan Administratif Federal di Leipzig menemukan bahwa otoritas lokal berhak untuk menegakkan larangan terhadap mesin diesel yang sudah usang dan kotor.

Pengadilan tidak memberlakukan larangan tersebut sendiri, menyerahkannya kepada otoritas kota. Namun, hakim mendesak mereka untuk “melakukannya secara proporsional” dalam memberlakukan larangan itu.

Kasus tersebut berfokus pada beberapa kota yang tertutup kabut tebal seperti Stuttgart dan Duesseldorf, tetapi dapat menimbulkan dampak nasional.

Hasil keputusan itu memberikan kemenangan besar bagi kelompok pecinta lingkungan Deutsche Umwelthilfe (DUH), yang menggugat Stuttgart dan Duesseldorf untuk memaksa mereka mengambil tindakan terhadap oksida nitrogen beracun dan partikel halus yang dikeluarkan oleh mesin diesel yang sudah usang.

Hakim di tingkat yang lebih rendah sudah mendukung tuntutan mereka untuk menjalankan larangan tetapi negara bagian Baden-Wuerttemberg dan North Rhine-Westphalia mengajukan banding atas keputusan itu, mengatakan bahwa pembatasan tersebut harus diputuskan di tingkat federal. (afp)