Kostum Terbaik Festival Rujak Uleg adalah Hasil Daur Ulang

17 Mar 2019 17:18 Surabaya

Festival rujak uleg 2019, selain memperlombakan rasa rujak uleg hasil buatan para peserta juga memperlombakan kostum yang digunakan peserta.

Kostum terbaik dalam festival tahunan ini adalah dari tim Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Rugkut. Mereka berhasil memenangkan kategori kostum terbaik dengan kostum daur ulang dari bekas kemasan minuman ringan.

Azizah Rahma Amalia perwakilan dari Kelurahan Rungkut Tengah, Surabaya mengatakan kostum yang berhasil sebagai pemenang kostum terbaik adalah kostum bertema bunga sakura dengan model gaun malam berwarna pink.

"Kostum saya (Azizah Rahma) menggunakan bungkus bekas minuman yang sudah tak terpakai. Proses pembuatannya hanya dua minggu," ujar Azizah Rahma.

Azizah Rahma mengatakan, tak menyangka timnya akan memenangkan kostum terbaik diantara ribuan kostum lain yang tak kalah menarik.

"Saya tidak menyangka kalau menang, sempat minder tadi lihat saingan yang kostumnya juga bagus-bagus, eh tapi saya yang menang. Alhamdulilah," katanya.

Azizah Rahma  bersama tim berfoto bareng selesai menerima hadiah dari Walikota Surabaya
Azizah Rahma, bersama tim berfoto bareng selesai menerima hadiah dari Walikota Surabaya.

Menurut Azizah, pembuatan kostum yang dipakai ini tidak terlalu rumit hanya dengan membuat pola lingkaran pada kemasan minuman bekas dan menjahitnya pada kain flanel, yang menjadi lapisan kostum.

"Ini dibuat oleh dua orang, tidak terlalu rumit membuatnya hanya butuh kesabaran," tambahnya. 

Dengan kemenangannya, Azizah Rahma mengungkapkan, semoga apa yang ia lakukan dapat menginspirasi warga Surabaya untuk dapat memanfaatkan sampah dengan baik. 

"Semoga orang-orang indonesia, terutama surabaya bisa menggunakan.barang bekas agar tidak menjadi sampah," katanya. 

Walikota Tri Rismaharini saat menyerahkan hadiah  juga menjelaskan, bahwa kostum Azizah Rahma terpilih karena ramah lingkungan dengan memanfaatkan barang bekas.

"Ini bagus hasil daur ulang dan ramah lingkungan, harus dicontoh juga oleh yang lainnya," kata Risma. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini