ILustrasi korupsi di PT Asabri. (Ngobar)

Korupsi di Jiwasraya Belum Ada Titik Terang, Eh Giliran ASABRI

Korupsi 11 January 2020 06:59 WIB

Masalah mega korupsi di PT Jiwasraya belum menemukan titik terang, kini terungkap pula korupsi di PT Asabri (Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Kerugian di Asabri mencapai Rp10 triliun.

Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD akan panggil  Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal korupsi di PT Asabri ini.

"Dalam waktu tidak lama, saya akan undang Bu Sri Mulyani (Menkeu), sebagai penyedia dana negara, dan Bapak Erick Thohir sebagai Menteri BUMN," kata Mahfud, di Kantor Kemenko Polhukam.

Mahfud ingin menanyakan duduk permasalahan atas kasus Asabri, mengingat perusahaan itu berstatus badan usaha milik negara (BUMN) dan diperkirakan kerugian negaranya cukup besar.

"Kita tidak boleh toleran terhadap korupsi. Kita akan segera panggil Bu Sri Mulyani dan Pak Erick Thohir untuk menanyakan duduk masalahnya," katanya lagi.

Mahfud juga meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi mengenai kasus Asabri, termasuk keterlibatan pihak-pihak tertentu yang belum tentu kebenarannya.

"Ya, nanti dilihat saja lah perkembangannya. Tidak usah berspekulasi si A terlibat, ini terlibat. Tidak ada itu. Pokoknya Presiden sudah memerintahkan gebuki semua yang korupsi itu. Jangan ditutup-tutupi," katanya pula.

Sebagaimana pemberitaan di berbagai media, saham-saham yang menjadi portofolio Asabri berguguran sepanjang 2019, dan penurunan harga saham dapat mencapai lebih dari 90 persen sepanjang tahun.

Dikutip dari website resmi Asabri, perusahaan pelat merah itu berbentuk perseroan terbatas yang seluruh sahamnya dimiliki oleh negara diwakili Menteri BUMN selaku pemegang saham atau RUPS berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41/2003.

Secara filosofis, Asabri adalah perusahaan asuransi jiwa bersifat sosial yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan undang-undang dan memberikan perlindungan finansial untuk kepentingan prajurit TNI, anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri. (ant)

Penulis : M. Anis

Editor : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Aug 2020 12:44 WIB

Bupati Bengkalis Jalankan Pemerintahan dari Lokasi Persembunyian

Korupsi

Muhammad ditangkap polisi setelah masuk DPO.

02 Aug 2020 19:33 WIB

Pedoman MA; Korupsi di Atas Rp 100 Miliar Dihukum Seumur Hidup

Hukum

4 Katagori korupsi menurut MA; Paling Berat, Berat, Sedang, Ringan

05 Jul 2020 08:12 WIB

Jerat Koruptor Kakap, RUU Perjanjian MLA RI-Swiss Disetujui

Korupsi

Ikhtiar selamatkan aset negara di luar negeri

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...