Kontingen KORPRI Jatim pose bersama Menpora Zainudin Amali, usai menerima gelar juara umum kedua di PORNAS KORPRI XV 2019. (Foto: Istimewa)

Korpri Jatim Bawa Pulang Gelar Juara Umum Kedua

Lain-lain 18 November 2019 20:52 WIB

Kontingen Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Jawa Timur (Jatim) berhasil meraih juara umum kedua dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) KORPRI XV/2019 di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Pada multievent antar Korpri se-Indonesia, Jatim mengoleksi 5 medali emas, 5 medali perak, dan 7 medali perunggu. Terpaut dua emas dari juara umum, yakni Jawa Barat dengan perolehan 7 medali emas, 2 medali perak, dan 8 medali perunggu.

Sedangkan juara umum ketiga diraih Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan mengumpulkan 5 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Raihan medali tersebut patut dibanggakan Jatim. Sebab, pada ajang yang sama di DI Yogyakarta, provinsi paling ujung Timur pulau Jawa ini, hanya menempati peringkat ketujuh dengan raihan 1 medali emas, 6 perak, dan 8 perunggu.

"Saya bersyukur dan berterima kasih, bahwa jerih lelah teman-teman Korpri Jatim telah membuahkan hasil yang tidak sia-sia," ungkap Sekretaris KORPRI Jatim, Anom Surahno.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim itu mengatakan, perolehan medali emas yang diraih kontingen Jatim berasal dari caang olahraga (cabor) Senam Korpri, Tenis Lapangan Beregu Putra, Tenis Lapangan Ganda, Catur Beregu, dan Tenis Meja Ganda Putri.

Sedangkan medali perak, dipersembahkan dari cabor Lari 10 K (2 medali), Tenis Meja Tunggal Putra (1 medali), Bulutangkis Beregu Putri dan Ganda Putri (2 medali).

Untuk medali perunggu diraih dari cabor Lari 10 K (1 medali), Tenis Meja Beregu Putri dan Tunggal Putri (2 Medali), Bulutangkis Beregu Putra, dan Tunggal Putri (2 medali), serta Tenis Lapangan (2 medali).

Sementara itu, pada penutupan PORNAS Korpri XV/2019 yang dilaksanakan di GOR Sahabudin Kota Pangkal Pinang, Babel itu, ditutup secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali. Di hadapan ribuan kontingen yang hadir, politisi Partai Golkar itu menekankan bahwa persoalan olahraga tidak bisa diurus Kemenpora saja.

"PORNAS Korpri adalah wujud partisipasi kita untuk tetap menggelorakan olahraga di tanah air. Maka saya menyambut baik kegiatan ini untuk terus dilanjutkan di PORNAS Korpri XVI di Kalimantan Tengah tahun 2021," lanjutnya.

Untuk diketahui, perhelatan PORNAS Korpri XV diikuti 34 provinsi dan 36 kementerian/ lembaga seluruh Indonesia. Perhelatan dua tahunan itu melibatkan 4.116 atlet dengan memperebutkan 38 medali emas, 38 medali perak, dan 60 medali perunggu di 8 cabor.

Kedelapan cabor tersebut diantaranya Senam KORPRI, Futsal, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bola Volley, Catur, Bulu Tangkis, dan Lari 10 K.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 20:08 WIB

Update Covid Jatim: Hari Ini Kasus Positif 5.547

Jawa Timur

Angka kesembuhan juga naik signifikan

05 Jun 2020 19:50 WIB

Jumlah Pasien Meninggal Nambah 49, Total Menjadi 1.770 Orang`

Nasional

penambahan kasus COVID-19 di Indonesia terbanyak terjadi di Jawa Timur.

05 Jun 2020 17:07 WIB

Banyak Perusahaan di Jatim Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Ekonomi dan Bisnis

Disnaker Jatim pertanyakan komitmen pengusaha

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...