Warga sekitar dan kepolisian saat melakukan proses evakuasi kepada mobil yang ditabrak oleh kereta api (Foto: istimewa)
Warga sekitar dan kepolisian saat melakukan proses evakuasi kepada mobil yang ditabrak oleh kereta api (Foto: istimewa)

Korban Tabrakan Maut KA Penataran Dhoho Bertambah

Ngopibareng.id Jawa Timur 10 September 2020 21:20 WIB

Korban kecelakaan Kereta Api Penataran Dhoho nomor lokomotif CC 2017712 dengan mobil Daihatsu Xenia warna hitam di perlintasan rel kereta api Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang bertambah. Dua korban dilaporkan meninggal saat menjalani perawatan di RSUD Kanjuruhan Malang. Sedangkan satu korban sebeumnya meninggal di lokasi.

"Pengemudi kendaraan Daihatsu Xenia (Setiawan Junaidi) meninggal dalam perawatan, penumpang Sandi Rusanti meninggal di tempat kejadian, dan Muhammad Faren meninggal dalam perawatan," tutur Kanit Laka Lantas, Polres Malang, Ipda Agus Yulianto pada Kamis 10 September 2020.

Agus mengatakan, mobil Daihatsu Xenia tersebut mengangkut tujuh orang penumpang. Tiga di antaranya meninggal dan empat orang lainnya masih dalam perawatan di RSUD Kanjuruhan.

Agus melanjutkan, saat kejadian, mobil Daihatsu Xenia warna hitam tersebut melaju dari arah timur ke barat. Kemudian, mobil itu berbelok ke kanan hendak melintasi rel kereta tanpa palang pintu. Pada saat bersamaan, dari arah timur melaju kereta api Penataran. "Sehingga terjadi tabrakan, samping kanan mobil ditabrak dan terseret sejauh kurang lebih 200 meter," ujarnya.

Agar tidak terjadi lagi kejadian serupa, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengimbau masyarakat untuk berhati-hati jika hendak melintasi rel kereta api. "Patuhi rambu lalu lintas, karena hal itu yang merupakan alat utama keselamatan berlalulintas di perlintasan. Palang pintu, penjaga pintu dan alarm hanya alat bantu keamanan semata. Sekali lagi alat utama keselamatan adalah rambu lalu lintas tanda stop," katanya

Diberitakan sebelumnya, Insiden kecelakaan yang melibatkan Kereta Api (KA) Dhoho Penataran relasi Surabaya-Blitar dengan Mobil Daihatsu Xenia warna hitam di jalur perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu di Desa Ngebruk, Sumberpucung, Malang.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, Kamis 10 September 2020. Tabrakan terjadi saat kereta api hendak melintas dari arah Kepanjen, Kabupaten Malang menuju Blitar. Pada saat bersamaan mobil Xenia warna hitam melintasi rel tersebut.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Nov 2020 04:23 WIB

Terdapat Nilai-nilai Pancasila dalam Tradisi Tahlilan

Islam Sehari-hari

Penjelasan KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur

01 Nov 2020 03:42 WIB

Musibah dan Sakit Ternyata Mengurangi Dosa Kita, Ini Haditsnya

Islam Sehari-hari

Pesan Nabi Muhammad Saw kepada umat Islam

31 Oct 2020 23:15 WIB

Tour de Borobudur Sukses di Tengah Pandemi

Nusantara

Beragam kegiatan olahraga tetap digelar di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...