Kopma UNUSA Gelar Bakti Sosial dan Buber Bareng Anak Yatim Piatu

04 Jun 2018 21:10 Unusa Gateway
Ngopibareng.id |

Untuk meningkatkan ketakwaan dan Ukhwah Islamiyyah di bulan suci ramadhan, Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNUSA menyelenggarakan Bakti Sosial dan Buka bersama bareng puluhan anak yatim piatu di Panti Asuhan Mahbubiyah, Wonokromo, Surabaya.

Kegiatan yang dihadiri segenap pengurus dan anggota Kopma UNUSA ini diselenggarakan, Jumat, 25 Mei 2018 lalu. Bahkan hadir pula demisioner pengurus Tahun 2015 - 2017, Amirul Fachri al-Faruq yang juga menjabat Ketua AKMS (Asosiasi Koperasi MAhasiswa Surabaya) saat mendampingi Pembina Kopma UNUSA Mohammad Ghofirin, S.Pd., M.Pd.

Ketua Pelaksana Yunda Andita Putri mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan segenap pengurus, anggota Kopma UNUSA.

"Ini kegiatan tahunan yang merupakan kegiatan yang telah diprogramkan di Rencana Kerja pengurus Kopma UNUSA. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengakrabkan dan menjalin silaturahmi antara pengurus dan anggota," katanya.

Bareng anak-anak asuhan Panti Asuhan Mahbubiyah, Kopma membagikan kado-kado alat tulis dan perlengkapan sholat.

Dalam bakti sosial dan Buka bersama ini Kopma UNUSA juga bagi-bagi kado kepada anak asuh Panti Asuhan Mahbubiyah. "Ada sekitar 31 anak asuh yang mendapatkan kado," katanya.

Kado yang diberikan dalam bentuk alat-alat tulis. Sementara pemberian yang lainnya dalam bentuk baju baru, alat sholat, dan lain-lain yang telah disumbangkan oleh segenap warga UNUSA.

"Ini merupakan sumbangan sukarela dan teman-teman anggota. Meski nilainya tidak seberapa, tetapi niat kami untuk peduli terhadap sesama adalah tulus dan ihklas. Ini juga wujud kepedulian Kopma terhadap warga yang membutuhkan," katanya. 

Lanjut Yunda, kegiatan bakti sosial dan buka bersama ini merupakan kegiatan pertama kali diselenggarakan di kepengurusan tahun ini. "Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan. Ini salah satu kegiatan kita ke masyarakat," kata Yunda, mahasiswi asal Sidoarjo.

Diinformasikan Kopma UNUSA merupakan koperasi yang didirikan mahasiswa UNUSA. Organisasi ini telah berdiri sekitar 3 tahun yang lalu. Dalam perkembangannya Kopma UNUSA ini sangat berkembang pesat. Hingga saat ini anggota Kopma mencapai lebih dari 200 mahasiswa.

Turut hadir dalam kegiatan tahunan ini, pembina Kopma UNUSA, M Ghofirin, S.Pd., M.Pd.

Bahkan dalam perkembangannya yang masih berusia 3 tahun Kopma UNUSA sudah menghasilkan SHU (Sisa Hasil Usaha) sebanyak Rp 11 Juta. Perkembangan Kopma yang cukup pesan baik dari segi manajerial hingga tata kelola usaha, menjadi rujukan dari sejumlah kopma perguruan tinggi di Jawa Timur, antara lain UINSA, UNESA, IAIN Malang, dan lain-lain. 

Kopma UNUSA ini merupakan wadah bagi mahasiswa UNUSA untuk melatih jiwa wira usaha. Dengan ilmu dan arahan dari tenaga pengajar, mahasiswa mulai semester dua mengelola sebuah usaha kecil di kampusnya. Berkat sentuhan tenaga-tenag pengajar yang profesional, alhamdulillah KOPMA berkembang pesat.

Yunda, yang juga menjabat Humas Kopma UNUSA mengungkapkan hingga tahun 2018 ini anggota Kopma UNUSA tidak hanya berasal dari fakultas ekonomi saja melainkan seluruh fakultas. "Anggotanya tidak hanya dari fakultas ekonomi dan bisnis saja, melainkan seluruh fakultas di UNUSA. Karena ini kegiatan mahasiswa kampus bukan jurusan," katanya.

Ditambahkan Yunda, koperasi mahasiswa (Kopma) mempunyai peran penting bagi mahasiswa, baik bagi anggota maupun non anggota. Manfaat koperasi bagi non anggota antara lain mempermudah mahasiswa mendapatkan barang-barang yang diperlukan selama berada di lingkungan kampus, tanpa perlu jauh-jauh keluar kampus, karena barang yang mereka butuhkan telah tersedia di koperasi.