Serka TNI-AU Bobby DS  (foto kiri) dijatuhi sanksi oleh kesatuannya. Foto Kanan Kopda Asyari di dalam truk bersama rekan-rekan kesatuannya.(Foto:Istimewa)
Serka TNI-AU Bobby DS (foto kiri) dijatuhi sanksi oleh kesatuannya. Foto Kanan Kopda Asyari di dalam truk bersama rekan-rekan kesatuannya.(Foto:Istimewa)

Kopda Asyari, Prajurit Yang Disanksi Karena Sambut Riziek Shihab

Ngopibareng.id Nasional 11 November 2020 17:38 WIB

Seorang prajurit TNI bernama Kopda Asyari Triyuda dijatuhi sanksi oleh kesatuannya karena dianggap melanggar peraturan militer.

Dia, pada tanggal 10 November kemarin bersama regu dari kesatuannya yaitu Yon Sikon 11 Matraman Jakarta Pusat, dikirim ke Bandara Soekarno-Hatta untuk pengamanan kedatangan Habib Rizieq Shihab. Dengan naik truk militer NPS, Kopda Asyari Triyuda dan teman-temannya berangkat ke bandara.

Sekitar pukul 10.00 WIB, saat truk melintas di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, Asyari membuat sebuah rekaman video, serta diiringi narasi sebagai berikut;

"On the way bandara. Persiapan, pengamanan, Imam Besar Habib Rizieq Shihab. Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Shihab. Takbir....Allahu Akbar"

Video berdurasi sekitar 20 detik itu kemudian jadi viral, setelah diunggah di Twitter oleh akun @detektive88. Banyak netizen yang memuji video tersebut, dan kemudian membagikannya. Tetapi viralnya video tersebut jutsru membuat Kopda Asyari Triyuda menghadapi masalah.

Asyari segera diamankan oleh kesatuannya. Hari ini, sebuah foto lain menjadi viral, saat tangan Kopda Asyari Triyuda diborgol, didampingi seorang anggota PM. Di atas Kopda Asyari Triyuda yang berpakaian tahanan warna hitam, ada papan nama bertuliskan 'Rumah Tahanan Militer, Satuan Polisi Militer Lanud Halim P."

Menurut Pjs. Kapendam Jaya Koloner Inf. Refky Efriandana Edward seperti dikutip beberapa madia, tindakan prajurit tersebut bertentangan dengan hukum, sebagaimana diatur dalam pasal 8 huruf a, Undang-undang nomor 25 tahun 2014 tentang disiplin militer. Atas perbuatannya, prajurit tersebut akan diberi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya.

Pada Bab V, UU Nomor 25/2014 Tentang Disiplin Militer, pasal 8 huruf a berbunyi; segala perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan, peraturan kedinasan, atau perbuatan yang tidak sesuai dengan Tata Tertib Militer; dan b) perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan pidana yang sedemikian ringan sifatnya.

Pada pasal 9 disebutkan, Jenis Hukuman Disiplin Militer terdiri atas: a) teguran; b)penahanan disiplin ringan paling lama 14 (empat belas) hari; atau c) penahanan disiplin berat paling lama 21 (dua puluh satu) hari.

Kira-kira pada hari yang sama, seorang prajurit lainnya dari TNI Angkatan Udara, yaitu Serka Bobby DS juga dikenai sanksi. Prajurit yang suaranya merdu qiroah ini diberi sanksi karena membuat video yang memberi selamat datang kepada Habib Riziek, kemudian menjadi viral.

Dalam video singkat itu Serka Bobby yang teknisi di Lanud Halim Perdanakusuma itu mengatakan; Marhaban, ya pemimpin FPI, Allah...Allah, disambut prajurit TNI, Allah..Allah. Marhaban...ahlan wa sahlan...marhaman Habib Riziek Shihab. Takbir..Allahu Akbar.

Dan Bobby diborgol. (nis)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 23:32 WIB

Sepi Agenda Politik, Ketua PDIP Jatim Ajak Sering Silaturahmi

Politik

Agar tetap solid jelang 2024

17 Jan 2021 22:13 WIB

Sinopsis Don't Breathe: Trio Penjahat Mengungkap Rahasia Gelap

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Don't Breathe.

17 Jan 2021 21:00 WIB

Sinopsis Man from Nowhere: Pemilik Toko Terseret Kasus Nakoba

Film

K-movievaganza Trans 7 akan menayangkan film Man from Nowhere.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...