Sukmawati Soekarnoputri. (Foto: Kompas)
Sukmawati Soekarnoputri. (Foto: Kompas)

Kontroversi Puisi Ibu Indonesia, Putra Sukmawati Tak Ingin Dilibatkan

Ngopibareng.id Nasional 04 April 2018 08:47 WIB

Sukmawati Soekarnoputri mendadak jadi perbincangan publik, lantaran, puisinya yang dibacakan saat acara peringatan 29 tahun Anne Avantie Berkarya beberapa waktu lalu, dianggap mendeskreditkan ajaran agama tertentu.

Kasus yang menyeret putri Soekarno ke jalur hukum itu nampaknya berimbas pada kehidupan anak Sukmawati, G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, atau yang lebih dikenal sebagai Paundrakarna atau Paundra.

Di media sosial Paundra, banyak netizen yang menyinggung soal kontroversi puisi ibunya. Terkait hal itu, nampaknya ia tidak ingin ambil pusing.

Tanggapan Paundra di InstagramTanggapan Paundra di Instagram.

"Iyah temen-temenku Ibuku dan aku punya Kehidupan sendiri-sendiri, Aku sama njenengan-njenengan selalu akan baik-baik aja dan Viral ibuku tersebut sama-sekali ndak ada hubungannya sama aku juga kita semua," tulis Paundra, di akun instagramnya @gphpaundrakarna1.

Para netizen pun memuji langkah Paundra itu.

annidanasution: "Komen nya mas @gphpaundrakarna1 cerdas sekali.. sukak dgn tanggapannya.. smoga slalu rendah hati yah mas.. dan menerima kritik2 positif dr kami masyarakat umum ini.. kami senang melihat tanggapan yg trbuka sperti ini.. matursuwon mas."

Pundra juga sempat mengunggah sebuah kutipan. "Kenapa kita harus ikhlas? Karena tidak setiap orang memperlakukanmu layaknya kamu memperlakukan mereka."

irmhyti: "Semangat mas, semoga mas Istiqomah, tetap berserah kpda Allah subhanahu wa'taala ya mas. Yang kuatttt, semangattt," netizen menimpali kutipan itu.

Paundra adalah putra sulung dari pasangan Sukmawati Soekarnoputri dan KGPAA Mangkunegara IX yang kini sudah bercerai.

Selian dikenal sebagai cucu Soekarno, Paundra juga seorang pemain sinetron, bintang iklan, dan penyanyi. Ia pernah beberapa kali membintangi judul sinetron. Di antaranya Saraswati hingga Gita Cinta dari SMA.

Sebelumnya, puisi berjudul Ibu Indonesia karya Sukmawati Soekarnoputri jadi kontroversi. Kalimat yang ada dalam puisi itu dianggap telah melecehkan agama Islam. (frd)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Nov 2020 13:00 WIB

Puti Guntur Turun Gunung Menangkan Er-Ji

Pilkada

Jika Er-Ji menang, berarti memenangkan marwah partai kata Puti

30 Sep 2020 10:20 WIB

Sukmawati Soekarnoputri Trending Usai Membahas Ideologi PKI

Nasional

Nama Sukmawati Soekarnoputri jadi trending Twitter Indonesia.

02 Sep 2020 17:46 WIB

Viral SK Puti Jadi Cawali Surabaya, PDIP Akan Lapor Polisi

Pilkada

Sempat viral dua hari yang lalu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...