Ketua Harian KONI Jatim, M.Nabil (tengah) didampingi Bupati Jember, dr. Faida saat memberi apresiasi kepada atlet berprestasi di Pendopo Kabupaten Jember, Minggu 8 Desember 2019. (Foto: KONI)
Ketua Harian KONI Jatim, M.Nabil (tengah) didampingi Bupati Jember, dr. Faida saat memberi apresiasi kepada atlet berprestasi di Pendopo Kabupaten Jember, Minggu 8 Desember 2019. (Foto: KONI)

KONI Jatim Apresiasi Bupati Jember Jamin Pendidikan Atlet

Ngopibareng.id Lain-lain 08 December 2019 21:17 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mengapresiasi kebijakan Bupati Jember, dr Faida, yang akan membiayai sekolah dan kuliah atlet-atlet berprestasi di daerahnya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil kepada Ngopibareng.id usai menghadiri Launching Jember sebagai Tuan Rumah Porprov Jatim 2019 dan penyerahan reward kepada lebih 700 atlet berprestasi di Pendopo Kabupaten Jember, Minggu 8 Desember 2019.

Ia mengatakan, langkah yang dilakukan oleh Faida sangat penting agar tidak hanya membina atlet untuk kepentingan prestasi saja. Namun, juga dapat memperhatikan bekal ilmu pendidikan agar atlet hanya fokus untuk memikirkan bagaimana mengukir prestasi, tidak lagi dipusingkan oleh biaya pendidikan.

"Ini sungguh luar biasa. Terus terang KONI Jatim sangat mengapresiasi kebijakan Bupati Jember, dr Faida. Kita berharap daerah-daerah lain juga untuk bisa mengikuti langkah yang diambil Bupati Jember tersebut,” kata Nabil.

Nabiel menilai, kepedulian Bupati Faida akan melecut semangat para atlet untuk meningkatkan prestasinya di bidang olahraga.

“Saya menyaksikan sendiri betapa senang dan gembiranya para atlet mendengar komitmen bupatinya untuk memperhatikan pendidikan mereka. Ini tentu akan membangkitkan semangat untuk berprestasi. KONI Jatim berharap daerah-daerah lain memiliki komiten yang sama dalam melakukan pembinaan olahraga di daerahnya,” kata Nabiel.

Sementara itu, dalam acara tadi, Bupati Jember, Faida mengatakan, bagi atlit berprestasi yang saat ini masih di SMA, SMK dan Aliyah akan masuk Perguruan Tinggi akan mendapat beasiswa dari Pemerintah dan setiap bulan ada tunjangan 750 ribu. Ini berlaku bagi semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia.  

Selain itu juga bagi yang akan melanjutkan studi di bangku SMP dan SMA juga akan masuk sesuai pilihan, tanpa tes dan tak melihat zonasi.

”Silahkan memilih sekolah yang dikehendaki dengan bebas. Saya jamin tidak perlu tes dan tidak perlu terikat dengan zonasi harus sekian kilometer jaraknya dari rumah. Agar atlit yang bersangkutan tak memikirkan lagi urusan sekolah dan menghabiskan energi, tapi cukup untuk memikirkan olahraga yang bersangkutan agar lebih berprestasi,” ujar Faida.

Dia menambahkan, terkait dengan atlit berprestasi yang pernah membawa nama Jember, Nasional maupun internasional tetap akan didata dan akan diberi reward karena mengharumkan nama Jember.

”KONI dan Dispora telah kami tugaskan untuk mendata atlit yang pernah membawa nama harum Jember, tapi yang benar – benar pernah membawa nama Jember bukan data di buat- buat dan tak benar,” pungkas Bupati.

Launching Porprov Jatim VII 2019

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Poprov Jatim VII 2021, Nabiel mengatakan, bahwa selain Jember, juga ada tiga daerah lain yang telah ditetapkan menjadi tuan rumah yakni Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Jember merupakan daerah pertama yang melakukan launcing kesiapannya menjadi tuan rumah Porprov Jatim VII 2021. Nabil mengatakan langkah ini sangat baik agar semakin menggaungkan pagelaran Porprov ini agar dapat diarasakan seluruh lapisan masyarakat.

“Kita harapkan daerah lain juga bisa melakukan launching meskipun tidak ada keharusan, tetapi ini sangat penting sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan Porprov 2021 kepada masyarakat setempat,” kata Nabil.  

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Oct 2020 11:11 WIB

Rekap Hasil Liga Champions Hari Ini

Liga Champions

Wakil Inggris perkasa di matchday 2 Liga Champions 2020/2021.

26 Oct 2020 11:16 WIB

Tambah Perjalananan untuk Long Weekend, KAI Terapkan Protokol 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

PT KAI menambah perjalanan kereta api dengan protokol 3M.

25 Oct 2020 10:45 WIB

Duo Madrid Berjaya di Pekan Ke-7 La Liga

Liga Spanyol

Ini rekap hasil La Liga pekan ketujuh

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...