Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi. (Foto: Dok Humas Polri)
Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi. (Foto: Dok Humas Polri)

Komjen Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Ngopibareng.id Nasional 13 January 2021 12:07 WIB

Presiden Joko Widodo mengajukan calon tunggal Kapolri yaitu Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis.

Pengusulan nama Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri ini tertuang dalam surat presiden (Surpres) yang dikirimkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke DPR, Rabu, 13 Januari 2021. Surat presiden itu diterima langsung Ketua DPR RI Puan Maharani.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, DPR akan langsung memproses surpres usulan nama calon Kapolri itu sesuai mekanisme yang berlaku yaitu melakukan uji kepatutan (Fit and Propertest).

"Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR, Rabu, 13 Januari 2021.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bahwa Kompolnas mengusulkan lima nama jenderal bintang tiga alias berpangkat komisaris jenderal (komjen) ke Jokowi sebagai pengganti Idham.

Mereka yang diusulkan oleh Kompolnas adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto.

Kata Mahfud, Presiden Jokowi akan memilih nama diantara lima nama calon Kapolri tersebut untuk dibawa ke DPR guna menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. "Calon pilihan presiden bisa tunggal, atau lebih dari satu," kata Mahfud akhir pekan lalu.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 05:59 WIB

Basarnas Palu Evakuasi Korban Longsor di Parigi Moutong

Warta Bumi

Puluhan penambang emas ilegal di Parigi Moutong tertimbun longsor.

25 Feb 2021 05:42 WIB

Penambang Emas Ilegal di Parigi Moutong Tertimbun Longsor

Warta Bumi

Puluhan penambang emas ilegal tertimbun longsor.

25 Feb 2021 04:42 WIB

Utang Revaluasi

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan tertarik polemik revaluasi aset dan utang negara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...