Sejumlah kendaraan yang diangkut KM Lestari Maju tenggelam.
Sejumlah kendaraan yang diangkut KM Lestari Maju tenggelam.

KM Lestari Angkut 139 Penumpang dan 48 Kendaraan

Ngopibareng.id Nasional 03 July 2018 16:36 WIB

Kepala Basarnas Makasar, Amiruddin mengatakan tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju diperkirakan mengangkut ratusan penumpang dan puluhan kendaraan.

"Laporan sementara yang kita peroleh dari manifes bahwa KM Lestari Maju mengakut kurang lebih 139 penumpang. Sampai hari ini kita masih sibuk berkoordinasi. Mohon maaf, ya pak," katanya saat dihubungi melalui telepon, Selasa, 3 Juli 2018.

Melalui pesan singkat di WatsApp, Amiruddin menambahkan ada sekitar 48 kendaraan yang dilaporkan melalui KM Lestari. "Sampai saat ini kita masih koordinasi, karena ada sekitar 48 kendaraan yang juga diangkut," katanya.

Sejumlah penumpang tengah menyelamatkan diri saat KM Lestari Maju yang tengah akan tenggelam di Perairan Selayar Kabupaten Bulukumba Sulawesi SelatanSejumlah penumpang tengah menyelamatkan diri saat KM Lestari Maju yang tengah akan tenggelam di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sementara itu berdasarkan rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana KM Lestari Maju tenggelam sekitar pukul 14.30 WITA. KM Lestari yang mengakut penumpang sekitar 139 penumpang dan 48 kendaraan tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. 

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kendaraan yang diangkut KM Lestari Maju antara lain 18 unit golongan II, 14 unit golongan IV, satu unit bus golongan V, tujuh unit truk golongan golongan V, satu unit bus golongan VI dan tujuh unit truk golongan VI.

KM Lestari Maju yang sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar dilaporkan kecelakaan dan tenggelam pada Selasa pukul 14.30 WITA. Kapal diperkirakan mengalami kebocoran lambung kiri sehingga tenggelam.

Penumpang yang tengah bertahan di KM Lestari Maju yang akan tenggelamPenumpang yang tengah bertahan di KM Lestari Maju yang akan tenggelam

"Badan SAR Nasional Kabupaten Bulukumba sedang menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan terhadap penumpang yang menjadi korban. Badan penanggulangan bencana daerah membantu penanganan dan melakukan pendataan," tuturnya.

Pos Komando BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD, Basarnas dan pihak-pihak lain. Sutopo mengatakan BNPB dan BPBD bersifat pendukung dalam penanganan kecelakan laut karena instansi yang berwenang menangani adalah Basarnas.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Nov 2020 20:11 WIB

Lamaran, Uang Panai Nadia Margreza Rp300 Juta dan Rumah Rp3 M

Human Interest

Nadia Margreza dilamar dengan uang panai fantastis.

11 Nov 2020 16:14 WIB

Polisi: Ketua Partai di Pangkep Akui Pemeran Video Mesum

Nasional

Ketua partai di Pangkep diduga pemeran video mesum.

02 Nov 2020 18:15 WIB

Umrah Dibuka, Indonesia Dapat Jatah 1.000 Jemaah Per Hari

Nasional

Sejumlah persyaratan lain juga diminta Arab Saudi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...