Ilustrasi (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Klopp Kembali Menyulut Api Perseteruan dengan Lampard

Ngopibareng.id Liga Inggris 14 September 2020 22:05 WIB

Jurgen Klopp kembali menyulut api perseteruan dengan Frank Lampard menyusul sindirannya untuk Chelsea saat wawancara dengan BBC. Ia tampak tersinggung ketika ditanya soal minimnya belanja Liverpool di bursa transfer musim panas ini.

Pelatih asal Jerman itu menyatakan bahwa Liverpool bukanlah klub yang dimiliki perseorangan seperti Chelsea. Sehingga The Reds tidak bisa membeli pemain mahal layaknya The Blues yang mendatangkan sederet pemain bintang.

Liverpool memang tak jor-joran seperti Chelsea yang mendatangkan duo Jerman, Timo Werner dan Kai Havertz, serta pemain asal Maroko Hakim Ziyech yang dilabuhkan dari Ajax Amsterdam. Di bursa musim panas ini, The Reds hanya membeli satu pemain dan bukan kategori bintang papan atas, yakni Kostas Tsimikas.

The Blues mengeluarkan dana sebesar 230 juta poundsterling untuk mendapatkan pemain bidikannya. “Klub ini bukan dimiliki oleh negara, dimiliki oligarki, itulah faktanya. Liverpool adalah klub yang berbeda,” tuturnya.

“Kami mencapai final Liga Champions dua tahun lalu, kami memenangkannya tahun lalu, dan menjadi juara Premier League musim lalu dengan menjadi klub kami, dengan memimpin cara kami dipimpin,” sinir Klopp tentang pesaingnya di Liga itu.

"Kami tidak bisa begitu saja mengubahnya dalam semalam dan berkata, ‘Jadi sekarang kami ingin berperilaku seperti Chelsea, sekarang mereka telah merekrut banyak pemain’. Tidak bisa seperti itu," tambah Klopp.

Lampard membalas pernyataan Klopp dengan mengatakan bahwa Chelsea hanya mengikuti jejak Liverpool sebelumnya, saat Liverpool memboyong sejumlah pemain mahal seperti Virgil van Dijk, Alisson dan Fabinho.

Pernyataan Klopp memang patut dipertanyakan. Sebab, susunan starter pemain yang diturunkan Klopp ketika menang atas Leeds United memiliki total 356 juta poundsterling.

Van Dijk merupakan pemain termahal yang didatangkan Liverpool dengan besaran 75 juta poundsterling ketika diangkut dari Southampton pada Januari 2018. Sementara Alisson Becker sebesar 67 juta poundsterling, dan Naby Keita senilai 57 juta poundsterling.

Trio penyerang Liverpool Sadio Mane, Mo Salah dan Roberto Firmino menelan biaya total 98 juta poundsterling. Hanya Trent Alexander-Arnold satu-satunya produk akademi di starting eleven  yang diturunkan Klopp. Itu belum termasuk dua gelandang mereka, Giorginio Wijnaldum dan Jordan Henderson yang totalnya lebih dari 100 juta poundsterling.

Sementara Chelsea yang akan mengawali kampanye musim baru kontra Brighton pada Selasa 15 September 2020 dini hari WIB diperkirakan hanya memiliki total harga sebesar 274 juta. Bahkan meski semua pemain barunya diturunkan, termasuk Ziyech yang sempat mengalami cedera saat latihan, biaya Chelsea tidak akan melampaui total harga pemain Liverpool.   

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 15:09 WIB

Mengapa Kok Muncul Jerawat di Alis?

Kesehatan

Ada jerawat di alis, ini penyebabnya.

20 Oct 2020 15:00 WIB

Selebgram Ngaku Geng Kaya, Diduga Tipu Tunangan Boy William

Ngopitainment

Heboh video selebgram ngaku geng kaya.

20 Oct 2020 14:47 WIB

Peringatan Hari Santri di Jateng Digelar Virtual

Nusantara

Untuk menghindari kerumunan saat pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...