Data terbaru kasus pandemi corona atau Covid-19 di Situbondo, Jawa Timur. (Grafis: Kominfo Situbondo)

Klaster Pabrik Udang Situbondo, Karyawan Ada yang dari Bondowoso

04 Aug 2020 23:11

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gugus Tugas Covid-19 Situbondo, Jawa Timur, mengumumkan data warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 270 orang. Dari angka tersebut, sebanyak 57 orang masih dirawat, 12 orang meninggal dan 201 dinyatakan sembuh.

Dari data kasus corona baru, ada 14 orang positif berasal dari klaster pabrik pengolahan udang di Desa Ladangan, Kecamatan Kapongan.

"Betul, tambahan 14 itu seluruhnya berasal dari klaster pabrik pengolahan udang di Desa Landangan. Berarti sampai sekarang sudah ada 37 karyawan asal Situbondo yang positif corona," kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19 Situbondo, Dadang Aries Bintoro, Selasa 4 Agustus 2020.

Sebanyak 14 karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berasal dari 8 Kecamatan di Situbondo. Tak hanya karyawan asal Situbondo saja, sejumlah karyawan perusahaan tersebut yang berasal dari Bondowoso, juga dinyatakan positif Covid-19. Namun Dadang mengaku tidak mengetahui persis jumlahnya.

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Situbondo telah berkirim surat ke Gubernur Jawa Timur, terkait klaster baru ini. "Kami sudah berkirim surat ke gubernur untuk meminta petunjuk terkait penanganan selanjutnya. Termasuk apakah perusahaan itu perlu ditutup atau tidak," papar pria yang juga Kepala Dinas Kominfo Situbondo itu.

Selain itu, papar Dadang, Gugus Tugas juga menekankan agar pihak perusahaan benar-benar mematuhi sejumlah rekomendasi yang disampaikan. Antara lain memperketat protokol kesehatan Covid-19 saat operasional, segera melapor jika ditemukan ada suspect pada kontak erat, karyawan yang terkonfirmasi diisolasi di pusat karantina kabupaten dan perusahaan wajib memberi bantuan. Serta setelah menjalani karantina dan dinyatakan sembuh perusahaan wajib menerima kembali karyawan bekerja.

"Perusahaan wajib mengambil langkah cepat dan taktis mengantisipasi penyebaran Covid-19. Baik di lingkungan perusahaan maupun transportasi angkutan karyawan. Perusahaan juga wajib membentuk tim khusus penanganan Covid-19," tegas Dadang.

Selain penambahan 14 kasus baru positif Covid-19, hari ini juga ada penambahan kasus sembuh baru. Jumlahnya mencapai 6 orang. Dari Kecamatan Asembagus sebanyak 3 orang, dari Kecamatan Panarukan, Kecamatan Banyuputih, dan Kecamatan Jangkar, dengan masing-masing 1 orang.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron menyebut, ada sebanyak 1.705 warga Bondowoso yang bekerja di perusahaan pengolahan udang di Deda Ladangan tersebut.

Mereka setiap hari dijemput menggunakan armada bus yang disediakan perusahaan. Menurut Imron, hingga saat ini gugus tugas sudah melakukan rapid test terhadap 1.187 karyawan pabrik tersebut. Hasilnya, 247 di antaranya reaktif.