Seremoni pembukaan Kejurda Baseball-Softball Jatim, pekan lalu.
Seremoni pembukaan Kejurda Baseball-Softball Jatim, pekan lalu.

Kisruh Kejurda Softball-Baseball Jatim..!!! Sidoarjo Jadi Tim "Siluman", KONI Angkat Bicara

Ngopibareng.id Lain-lain 27 March 2018 20:56 WIB
Ibarat siluman, keberadaan kontingen Sidoarjo di ajang Kejurda Softball/Baseball Jawa Timur mengundang keanaehan. Maklum, status cabor softball dan baseball Sidoarjo (Perbasasi) belum tercantum dalam anggota KONI Sidoarjo, sebagai induk dari segala cabang olahraga prestasi ini. 
 
Namun anehnya, meski belum punya legalitas keanggotaan di KONI Sidoarjo, kontingen Sidoarjo bisa bertanding di nomor baseball dalam Kejurda yang digelar Pengprov Perbasasi Jatim, bersama tiga daerah lainnya, yaitu Surabaya, Malang dan Jombang. Ironisnya, ada indikasi nama Sidoarjo hanya dijadikan tameng karena sejumlah atletnya  berasal dari Surabaya. 
 
Ketua KONI Sidoarjo, Frangki Efendi mengatakan pihaknya tidak bisa bicara banyak terkait adanya nama tim Sidoarjo di Kejurda Softball-Baseball yang digelar Pengprov Perbasasi Jatim di Lapangan Gunungsari, Surabaya, 19-25 Maret 2018. 
 
"Sampai sekarang belum menjadi anggota KONI Sidoarjo. Katanya masih proses pembentukan. Jadi keberadaan tim Sidoarjo di Kejurda kami tidak tahu, " ujarnya. 
 
Ditambahkan Frangki,  jika memang sudah ada klub dan tim softball maupun baseball di Sidoarjo disarankan untuk segera mengajukan ke KONI Sidoarjo agar dibentuk Pengkab Perbasasi Sidoarjo, "Bentuk klub yang banyak ajukan ke KONI untuk kita bentuk cabornya, " ujarnya memberi saran. 
 
Disinggung  upaya KONI Sidoarjo untuk menertibkan atau memanggil kontingan baseball  Sidoarjo yang tampil di Kejurda, Frengky mengatakan bukan kewenangannya. 
 
"Kalau  belum ada cabornya yang di bawah koni, tidak  ada kewenangan KONI untuk menertibkan. Justru yang mengajukan dari klub-klub  ke KONI. Kami dengan senang hati menerimanya, " ujarnya. 
 
Sementara dari AD/ART Perbasasi yang didapatkan ngopibareng.id, untuk  kepengurusan cabang tingkat kota atau kabupaten salah satu persyaratan harus mempunyai perserikatan yg aktif dan mempunyai pengurus yg di pilih oleh anggotanya sesuai dengan AD/ART Perbasasi. (tom)

Penulis : Rahmad Utomo

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Nov 2020 21:38 WIB

Pelatih Puslatda Jatim Sayangkan Wacana Pemangkasan Anggaran KONI

Lain-lain

Dinilai akan berdampak pada prestasi Jatim

19 Nov 2020 22:00 WIB

Anggaran KONI Dipangkas, Prestasi Jatim di PON Terancam

Jawa Timur

Anggaran KONI Jatim untuk PON akan dipangkas untuk penanganan pandemi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...