Bripka Wawan Somantri lelah setelah seharian mengatur lalu lintas di Tol Cipali, Jawa Barat.

Kisah Bripka Wawan, Polisi yang Fotonya Saat Tertidur Setelah Bertugas di Tol Cipali Viral di Media Sosial

14 Jun 2018 09:03

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Foto seorang polisi terlihat tertidur bersandar pada sepeda motor patrolinya menyebar di media sosial Facebook dan Instagram beberapa waktu lalu.

Salah satunya diunggah oleh seorang pengguna Facebook, dan kemudian disebarkan oleh pengguna lainnya. Peristiwa itu disebutkan terjadi di Tol Cipali, Jawa Barat. 

Setelah ditelusuri, foto yang sama diunggah oleh akun Instagram Satlantas Polres Subang, @lantas_subang.

Polisi itu adalah Bripka Wawan Somantri, yang bertugas sebagai Motoris Patwal Subang. Bripka Wawan mengatakan, ia memang tertidur setelah mengatur arus mudik di KM 104 Cipali, Senin (11/6/2018), pukul 06.00 WIB. 

“Dari (Minggu) mulai jam 19.00, kami langsung ke Tol Cipali. Itukan kendaraan arus mudik pada berdatangan. Kami sampai (Senin) pagi lagi,” kata Wawan.

Ia mengatakan, hal itu bukan dilakukannya dengan sengaja. Setelah arus kendaraan mulai lancar, ia beristirahat sejenak karena lelah.

“Enggak sengaja (tertidur), lelah. Dudukan saja malah jadi ketiduran. Dapat setengah jam-an lah tiduran. Habis ngatur kayak gitu, terus sudah mulai lancar kembali habis Subuh,” kata Wawan.

Wawan mengungkapkan, pada akhir pekan lalu, jumlah kendaraan di Tol Cipali memang mulai padat.

Banyak kendaraan yang berhenti di luar rest area. Hal ini menyebabkan kemacetan.

Puncak keramaian itu jam 01.00 pagi hingga menjelang sahur. Itu di pinggir jalan semuanya orang pada mau makan. Kalau di rest area kan penuh. Makannya mereka makan di pinggir jalan, makan bersama keluarga, kata dia.

Bertugas mengatur lalu lintas saat mudik sudah bertahun-tahun dijalani Bripka Wawan. Tepatnya, sejak 2006.

Sudah dari tahun 2006, sudah lama saya di lapangan. Dulu ketika belum ada Tol Cipali, tugasnya di Pantura,” ujarnya.

Saat ditanya, apakah ia bisa merayakan Lebaran bersama keluarga, ia mengatakan, tergantung arus lalu lintas jelang Lebaran.

Tergantung keadaan macetnya ini. Kalau misalkan kendaraan masih ada sampai pagi, kami tidak berani meninggalkan, takutnya ada kecelakaan atau apa gitu kan, kata Wawan.

Menurut dia, keluarga sudah memahami tuntutan tugas dan profesinya sehingga tak mempermasalahkannya.Ya namanya tugas, kan demi negara jadi maklum, lanjut dia.

Di akhir perbincangan, Wawan memberikan pesan untuk para pemudik agar tetap berhati-hati, karena keselamatan merupakan hal utama.

Berhati-hati di jalan, utamakan keselamatan. Karena keselamatan itu suatu kebutuhan. Jaga emosi saat mengemudi, ujar Wawan.