Sosok Amabie, mahluk misterius yang dipercaya mampu mengusir wabah. (Foto:BBC)

Kisah Amabie, Putri Duyung Mitologi Jepang Pengusir Wabah Corona

Feature 24 April 2020 14:43 WIB

Gambar Amabie, mahluk misterius yang dipercaya mampu menghalau wabah, viral di media sosial di Jepang. Amabie dipercaya memilik bentuk serupa putri duyung, bersisik menyerupai ikan, bersirip, berambut panjang, dan memiliki paruh, muncul dari lautan, mulai dikenal pertengahan abad 19.

Gambar dalam bentuk meme dan poster Amabie memenuhi media sosial di Jepang. Masyarakat percaya, membagi gambar Amabie akan membantu mengusir wabah covid-19 dari Jepang. Semakin banyak orang yang melihat dan memiliki gambar Amabie, maka akan semakin kuat pula tenaga untuk mengusir wabah.

Dialihbahasakan dari BBC, Amabie pertama kali didokumentasikan pada tahun 1846. Mahluk ini dianggap sebagai bagian dari arwah supranatural yang dikenal dalam legenda Jepang.

Amabie dikenal melalui penyelidikan pemerintah mengikuti munculnya sinar hijau dari air di wilayah Provinsi Hugo, yang kini dikenal sebagai wilayah Perfektur Kumamoto.

Ketika petugas itu menghampiri sinar hijau, mahluk bercahaya berwarna hijau dengan sisik ikan, rambut panjang, tiga sirip yang menyerupai kaki, dan paruh di bagian wajahnya, muncul ke permukaan.

Amabie lantas memperkenalkan dirinya pada laki-laki tersebut sambil memprediksi dua hal, yaitu panen raya akan muncul di seluruh Jepang selama enam tahun ke depan, dan sebuah wabah pandemi akan datang menerjang Jepang.

Ia lantas memberi pesan, untuk selamat dari wabah, penduduk harus menggambar sosoknya dan membaginya ke sebanyak mungkin orang lain.

Pertemuan yang misterius itu kemudian dipublikasikan dalam koran setempat, diikuti terbitnya gambar Amabie dalam garis yang tebal, dan menyebar luas di seluruh Jepang.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 19:16 WIB

Prediksi Tottenham vs Arsenal: Pragmatis kontra Dinamis

Liga Inggris

Kedua tim mengusung gaya bermain berbeda

11 Jul 2020 18:43 WIB

Horeee...Wisata Kawah Ijen Resmi Dibuka

Nasional

Tapi wisatawan tetap wajib jalankan protokol kesehatan Covid-19

11 Jul 2020 18:32 WIB

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur

Gunung Ijen masuk dua wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...