perwakilan Unesa yang baru saja datang di Syiah Kuala, Aceh

Kirimkan Mahasiswa ke Aceh, Unesa Siap di Ajang MTQMN XVI

Pendidikan 29 July 2019 06:27 WIB

Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional XVI ini diselenggarakan Belmawa Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Acara ini diselenggarakan selama dua tahun sekali. Kali ini Universitas Negeri Surabaya berkesempatan mengirimkan 22 perwakilannya.

Unesa mengirimkan perwakilan di Tilawah putra dan putri, Syarhil Qur’an Beregu, Debat Bahasa Inggris, dan Desain Aplikasi Komputer. Tak hanya itu namun juga pada Karya Tulis al-Quran, Kaligrafi putra dan putri, Hifdzil Quran lima juz putra dan putri, lalu Hifdzil Quran 10 juz putra dan putri, Hifdzil Quran 20 juz putra dan putri, dan Hifdzil Quran 30 juz putra, serta yang terakhir Qiroah Sab’ah putra dan putri.

Acara MTQ Mahasiswa Nasional yang ke 16 ini berlangsung di Universitas Syiah Kuala, Aceh. Acara akan berlangsung selama kurang lebih delapan hari. Adapun lomba akan dilaksanakan pada 29 Juli – 2 Agustus 2019.

Tak hanya perlombaan saja, namun para peserta juga dapat menikmati Bazar Expo dan city tour yang diadakan oleh panitia. Pada MTQ Nasional ke 16 ini, panitia mengangkat tema ‘MTQMN sebagai penguat Ukhuwah Islamiyah dalam membentuk Generasi Muda Qur’ani menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur’.

Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaran acara ini yaitu, meningkatakan pemahaman, penghayatan dan pengalaman isi kandungan Al-Qur’an. Meningkatkan Syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar sivitas akademika perguruan tinggi se-Indonesia. Serta, melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia.

Dr. Mutimmatul Faidah, pendamping dari perwakilan Unesa mengatakan, tidak ada syarat tertentu yang harus dipenuhi mahasiswa untuk dapat menjadi perwakilan Unesa dalam perlombaan ini. Namun perwakilan ini dipilih berdasarkan pemegang MTQ Universitas yang memenuhi klasifikasi.

“Sebelumnya Unesa mengadakan MTQ tingkat Universitas yang mana yang ikut merupakan delegeasi resmi tiap fakultas. Pemegang MTQ tingkat Universitas yang memenuhi klasifikasi akan dikirim tingkat Nasional.” papar Mutimmatul.

Tim Unesa tentunya melakukan persiapan untuk menghadapi kontestan lain di MTQ Nasional ke 16 ini. Adapun, penyelenggaran MTQ tingkat fakultas yang mana untuk menjaring bibit-bibit potensial yang nantinya akan dikirim ke MTQ tingkat Universitas. Setelah terpilihnya perwakilan maka akan dilakukan pembinaan yang intensif oleh tim dosen Agama dan LPTQ Jawa Timur.

Adapun Dr. Mutimmatul Faidah berharap bahwa dengan mengikuti MTQ Nasional ini dapat menjalin silaturahmi dengan pecinta Quran dari seluruh Indonesia. Mensyiarkan Islam dan menumbuhkan semangat cinta Quran di kalangan mahasiswa dan mampu berkompetisi serta meraih prestasi terbaik.

Penulis : Nadia Annastasia

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 22:50 WIB

21 Orang Positif dari Klaster KPU RI

Nasional

Pegawai KPU RI work from home.

06 Aug 2020 22:35 WIB

Lapak Ganjar Mampu Tingkatkan Omset UKM

Nusantara

Ganjar membangun lapak di Instagram.

06 Aug 2020 22:25 WIB

AEON Mall BSD City Jadi Klaster Baru Covid-19

Nasional

Dua pegawai positif Covid-19, AEON Mall BSD City ditutup sepekan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...