pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un. (Foto: AFP)

#KIMJONGUNDEAD, Rumor Kim Jong-Un Meninggal

Internasional 26 April 2020 09:00 WIB

Rumor soal kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un meramaikan jagat Twitter sehingga muncul tanda pagar atau tagar #KIMJONGUNDEAD.

Beredar kabar pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un meninggal dunia karena masalah jantung. Namun laporan tersebut masih belum terkonfirmasi oleh otoritas Korea Utara. Semuanya bungkam sejak sang pemimpin sakit.

Media-media asing yang memberitakan antara lain New York Post, lalu Hong Kong Satellite Television (HKSTV) serta Business Times. Namun, semua baru berupa klaim dengan sumber yang dikatakan valid. Jadinya masih belum jelas benar duduk perkaranya. Yang jelas memang Kim Jong-Un dalam pekan terakhir memang diberitakan sakit.

Diisukan meninggal, kereta khusus milik Kim Jong-Un dilaporkan berada di kota wisata Wonsan, Korea Utara. Penampakan kereta ini dilaporkan berdasarkan citra satelit yang diperoleh situs 38 North seperti diberitakan Reuters, Sabtu 25 April 2020.

Kereta itu tertangkap satelit tengah parkir di stasiun khusus milik Kim di Wonsan sejak 21 April lalu. Kereta sepanjang 250 meter itu tetap terlihat walau sebagiannya tertutupi atap stasiun. Dalam citra satelit sebelumnya pada 15 April, kereta itu tak ada di stasiun tersebut.

Kereta itu khusus dirancang untuk pemimpin Korea Utara, pernah digunakan Kim ketika mengunjungi China pada 2018 lalu dan Vietnam pada 2019. Kereta ini sebelumnya digunakan oleh ayah Kim, Kim Jong-il, yang takut naik pesawat untuk kunjungan ke luar negeri. Keberadaan kereta ini tidak serta merta menunjukkan bahwa Kim ada di Wonsan.

Sebagai informasi, kompleks wisata Wonsan memiliki sembilan villa mewah berukuran besar dan pusat rekreasi. Terdapat beberapa fasilitas yang dibangun atas perintah Kim ketika dia mulai memimpin 2014 lalu. Di antaranya adalah gedung pertahanan, lapangan tembak, bioskos, lapangan basket, dan dek kapal yang diduga menyimpan yacht mewah miliknya. 

Di dekat stasiun kereta seharusnya terdapat landasan pacu untuk pesawat kecil. Namun Kim mengubahnya menjadi lintasan kuda untuk mengakomodasi hobi berkudanya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 19:16 WIB

Prediksi Tottenham vs Arsenal: Pragmatis kontra Dinamis

Liga Inggris

Kedua tim mengusung gaya bermain berbeda

11 Jul 2020 18:43 WIB

Horeee...Wisata Kawah Ijen Resmi Dibuka

Nasional

Tapi wisatawan tetap wajib jalankan protokol kesehatan Covid-19

11 Jul 2020 18:32 WIB

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur

Gunung Ijen masuk dua wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...