5 Cara Menjaga Kulit Sensitif Selama Pengobatan Kanker

25 Aug 2019 15:28 RS Adi Husada
RS Adi Husada Cancer Center

Saat menjalani pengobatan kanker, baik obat, kemoterapi maupun radiasi akan menyebabkan kondisi tubuh mengalami berubahan. Yang paling mencolok adalah perubahan penampilan di bagian rambut karena rontok, kulit sensitif, hingga wajah yang terlihat pucat.

Kondisi ini tentu membutuhkan perhatian ektra dari para penyintas kanker, yang sedang melakukan pengobatan. Adi Husada Cancer Center dan Can-Care Indonesia berbagi cara untuk merawat kulit mulai ujung kepala sampai ujung kaki.

Hal ini disampaikan dalam acara workshop 'Look Good Feel Better', Sabtu 24 Agustus 2019. Acara ini bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Timur dan Viva Cosmetic. Berikut ini ulasannya.

1. Kulit Kepala

Virgie Keen, perwakilan Can-Care Indonesia yang sekaligus menjadi pembicara dalam acara ini mengatakan, saat melakukan pengobatan kanker biasanya kondisi kulit kepala akan sangat sensitif. Kulit kepala akan mudah mengalami iritasi seperti kemerahan.

"Untuk itu disarankan memakai shampo yang memang khusus untuk penyintas kanker. Jadi pilih shampo yang tidak mengandung pewangi, pewarna, paraben dan zat kimia lainnya. Seperti produk milik Can-Care," kata Virgie Keen.

Selain shampo khusus tersebut. Bisa juga menggunakan shampo bayi yang minim bahan kimian.

"Sebaiknya kulit kepala juga di tutup dengan kerudung, turban atau wig. Supaya debu tidak mudah menempel di kulit kepala yang bisa menyebabkan iritasi," pesan Virgie.

Suasana workshop dan kelas makeup yang diadakan CanCare bersama AHCC bagi para penyintas kanker Foto Pitangopibarengid
Suasana workshop dan kelas makeup yang diadakan Can-Care bersama AHCC bagi para penyintas kanker. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

2. Perawatan Rambut

Kondisi rambut rontok biasa dialami penyintas kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Menurut Virgie Keen, untuk menyiasati agar kerontokan rambut tidak semakin parah. Sebaiknya hindari memberi warna pada rambut, tidak melakukan catokan (pelurus) rambut, dan perawatan rambut yang berlebihan. 

"Cukup dijaga kebesihan rambutnya dulu saat sedang melakukan pengobatan. Perawatan-perawatan tersebut malah akan memperburuk kondisi rambut," ucapnya.

Lebih lanjut, Virgie Keen mengungkapkan, penyitas kanker sebagainya bersabar dulu. Nantinya setelah kemoterapi, rambut juga akan tumbuh kembali. 

3. Perawatan Kuku 

Kuku juga merupakan salah satu bagian tubuh yang akan berdampak saat pengobatan kanker dilakukan. "Kuku biasaya akan menghitam, siwilen (kulit tumbuh di samping kuku). Pastinya ini akan menggangu penampilan," jelas Virgie Keen. 

Saat hal ini terjadi, Virgie menyarankan kuku cukup dibersihkan saja. "Jangan memakai cat kuku terlebih dahulu. Zat kimia yang ada di cat kuku sebaiknya memang dihindari sebab,  kulit sedang sangat sensitif," tuturnya.

4. Perawatan Wajah

Wajah butuh olesan sunblock dengan SPV-15 saat keluar rumah. Untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. 

"Pilih kosmetik atau skincare yang memang aman dan tidak banyak menggunakan bahan kimia. Tetap jaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkannya secara rutin," himbaunya. 

5. Perawatan Badan

Sinar matahari pada kulit yang sehat saja sangat jahat, apalagi pada kulit yang sedang sensitif. "Untuk badan pakai juga sunblock ke seluruh badan untuk keluar rumah. Kondisi kulit yang sensitif tentu membutuhkan proteksi lebih, terutama saat terkena sinar matahari. Penting sekali proteksi untuk tubuh saat menjalani pengobatan kanker," terang Virgie. 

Bila ingin berkonsultasi lebih lanjut. Anda bisa datang ke AHCC sekaligus berkunjung ke Can-Care yang berada di lantai 4 AHCC. Jalan Undaan Wetan 40-44, Surabaya. 

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini