Kiat Berburu Tiket Kereta Lebaran

06 Mar 2018 09:18 Transportasi

Mereka yang memilih kereta sebagai sarana transportasi pulang ke kampung halaman, untuk merayakan Lebaran bersama keluarga atau menghabiskan liburan Hari Raya,  harus bersiap melakukan perburuan tiket,  begitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka penjualan tiket kereta untuk mudik.

PT KAI biasa menjual tiket kereta mudik Lebaran mulai 90 hari sebelumnya hari H. Tahun ini mereka akan membuka pemesanan tiket Lebaran mulai 7 Maret 2018. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum memburu tiket Lebaran:

Tentukan tanggal
Sebelum membeli tiket, ada baiknya menentukan tanggal berangkat dan pulang agar tidak perlu membuang waktu memilih tanggal saat memesan tiket. Bagi yang hendak pulang bersama kawan atau kerabat, tanggal keberangkatan dan kepulangan sebaiknya sudah disepakati sebelumnya. Perhatikan pula tanggal-tanggal dengan tingkat pemesangan tinggi. Menurut penyedia layanan pemesanan tiket daring Pegipegi.com, selama libur Lebaran 2017, tanggal favorit konsumen untuk mudik tiga hari sampai sehari sebelum Lebaran, dengan pemesanan tiket meningkat hingga 250 persen dibandingkan hari lainnya.

Siapkan dana tambahan
Harga tiket kereta selama libur Lebaran umumnya lebih tinggi dibandingkan pada hari-hari biasa. Menurut Pegipegi.com, tahun lalu harga tiket kereta untuk daerah mayoritas tujuan pemudik seperti Yogyakarta, Kutoarjo (Purworejo), dan Semarang berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 485.000 per orang.

Pastikan koneksi internet stabil
Stabilitas koneksi internet saat memesan tiket penting untuk mendukung keberhasilan pemesanan. Sebaiknya pemesanan menggunakan komputer maupun gawai dilakukan saat koneksi stabil.

Tiket biasanya mulai dijual pukul 00.00 dan jadwal mengalami pembaruan pada 00.01. "Jika kehabisan tiket kereta api pada menit saat tiket dibuka, kami menyarankan untuk cek tiket kembali di satu jam berikutnya (01.00-02:00)," kata Deputy CEO Pegipegi, Ryan Kartawidjaja, dalam keterangan pers perusahaan.

Dengan demikian, jika mungkin ada orang yang membatalkan perjalanan atau pesanan batal karena terlambat membayar, calon pembeli bisa memesan kursi yang tersedia kembali. Pemesanan menggunakan penyedia layanan pemesanan daring bisa memudahkan, karena mereka biasanya menampilkan banyak jadwal perjalanan dalam sekali pencarian.

Siapkan alat bayar
Sebelum memesan, sebaiknya menyiapkan alat pembayaran seperti kartu kredit atau Internet banking, atau kartu ATM bagi yang hendak melakukan pembayaran menggunakan mesin ATM dan posisinya tidak terlalu jauh dari gerai ATM. (ant)

Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini