Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat membuka acara Megengan Online di Gedung Negara Grahadi, Kamis 23 April 2020. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Khofifah Gelar Megengan Online Bersama 5 Bupati di Jawa Timur

Jawa Timur 23 April 2020 20:55 WIB

Menyongsong bulan Ramadan pada Jumat, 24 April 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar acara megengan online bersama 5 bupati di Jawa Timur. Yakni Bupati Jombang, Bupati Madiun, Bupati Trenggalek, Bupati Pamekasan, dan Bupati Lumajang. Para bupati tersebut bergabung dengan menggunakan teleconference.

Khofifah mengatakan, ia memilih lima kabupaten tersebut karena simbol dari representasi warga Jawa Timur. Mulai dari perwakilan Pulau Madura, perwakilan masyarakat mataraman, perwakilan wilayah Arek, dan juga perwakilan wilayah Tapal Kuda. Selain itu, lima bupati tersebut merepresentasikan lima sila di Pancasila dan juga lima rukun islam.

"Sebenarnya mau undang banyak. Namun karena keterbatasan waktu dan lainnya. Kami meminta lima bupati untuk bergabung bersama kami melakukan megengan. Selain itu, kami juga ingin tahu bagaimana tradisi di daerah mereka tentang megengan sebelum ramadhan besok," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 23 April 2020.

Megengan online dimeriahkan dengan gunungan 1.441 kue apem. Angka itu merupakan lambang tahun Hijriah dalam puasa tahun ini.

Dengan terselanggaranya megengan online ini diharapkan semua agenda warga Jawa Timur bisa lancar selama Ramadan, meski sedang pandemi Covid-19. Selain itu, virus corona juga bisa segera hilang dari bumi Jawa Timur.

"Mudah-mudahan selama memasuki bulan Ramadan ini, Allah memberikan kesempatan kita untuk memaksimalkan ibadah yang wajib dan ibadah yang sunah. Selain itu semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah bisa melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya sehat, tapi juga terhindar dari covid-19," tutur Khofifah.

"Selain itu juga sehat lahir batin, hati dan perasaan. Terakhir sehat juga dompetnya. Semoga Allah anugerahkan kita umur yang manfaat, rejeki yang barokah, keluarga yang barokah, Jawa Timur dan bangsa Indonesia Barokah semua," sambungnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 16:59 WIB

Isi Bensin Mobil Wapres dari Jerigen, Bukan Eceran Tapi…

Human Interest

Mobil Wapres Ma’ruf Amin kehabisan bensin di pinggir jalan.

11 Jul 2020 16:45 WIB

Sinopsis Battleship: Misi Rihanna Kalahkan Alien di Perairan

Film

Film Battleship bercerita tentang manusia melawan alien.

11 Jul 2020 16:35 WIB

Lainnya Pelonggaran, Kota Ini Malah Lockdown Ketat

Internasional

Bogota di Colombia menerapkan lockdown ketat di sejumlah wilayah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...