Khofifah Hari Ini Diperiksa KPK

26 Apr 2019 10:13 Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan digelar pada Jumat, 26 April 2019 hari ini.

Berbeda dengan pemeriksaan saksi kasus korupsi lainnya, pemeriksaan terhadap Khofifah akan digelar di Markas Polda Jawa Timur.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis 25 April 2019 mengatakan, pemeriksaan di Surabaya terpaksa dilakukan karena para penyidik KPK kebetulan sedang berada di Surabaya untuk mendalami kasus tersebut.

"Ada beberapa kegiatan di Surabaya sejak hari ini (Kamis), jadi kan timnya juga terbatas ya sehingga beberapa kegiatan (pemeriksaan) dilakukan di Jawa Timur," kata Febri.

Khofifah sendiri akan diperiksa karena namanya disebut oleh bekas Ketua PPP Romahurmuziy (Rommy) berkaitan dengan dugaan suap pengisian jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan Rommy sebagai tersangka. Selain itu KPK juga telah menetapkan Haris Hasanuddin, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur sebagai tersangka pemberi suap.

Saat pemeriksaan, Rommy mengaku banyak pihak yang merekomendasikan proses pengisian jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur, salah satunya adalah Khofifah.

Selain disebut oleh Rommy, dugaan keterlibatan Khofifah ini karena Haris Hasanuddin adalah menantu dari Roziqi, bekas ketua tim pemenangan Khofifah saat berlaga di pemilihan gubernur kemarin.

Sekadar diketahui, kasus ini mencuat setelah Rommy terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK di Hotel Bumi Surabaya beberapa waktu lalu. Saat digelandang ke KPK, Rommy sempat menyanyi dan menyebut beberapa tokoh diantaranya menyebut Khofifah, kemudian menyebut Kiai Asep Saifudin Chalim. Nama terakhir yang disebut juga merupakan tim utama pemenangan Khofifah di Pilgub 2018 lalu. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini