Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Sampun Hadam bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok. SMK PGRI 1 Mejayan)
Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Sampun Hadam bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok. SMK PGRI 1 Mejayan)

SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Produksi Mobil Listrik

Ngopibareng.id Nasional 20 September 2020 17:10 WIB

Mobil listrik karya guru dan siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, mendapatkan dukungan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Mantan Menteri Sosial itu berkunjung ke SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sabtu 19 September 2020.

Khofifah meninjau percobaan penyelenggaraan pendidikan pada era adaptasi kebiasaan baru dan pembangunan gedung industri mobil listrik UMKM Mokasi. Kepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun Jawa Timur, Sampun Hadam mengatakan, mobil listrik karya siswa SMK merupakan wujud rill SMK untuk pengabdian masyarakat khususnya pengembangan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

"Sinergi antar SMK dan UMKM sangat penting untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai upaya peningkatan pendidikan kejuruan di SMK, serta menumbuhkan kewirausahaan pada generasi milenial," ujar Sampun Hadam dalam keterangan persnya.

Sampun Hadam menambahkan, mobil listrik UMKM Mokasi yang karya siswa dan guru tersebut, menjadi salah satu alternatif pemulihan ekonomi nasional. "Kami berharap dapat menjalin kerja sama dengan masyarakat desa sebagai wujud pusat pelayanan masyarakat dan menggerakkan ekonomi lapis bawah," sambung Sampun Hadam.

Dengan maju dan aktifnya ekonomi lapis bawah maka semua lapisan masyarakat akan merasakan keadilan dan kemakmuran, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan.

"Dukungan dan apresiasi yang luar biasa untuk hasil cipta inovasi dan kreativitas siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan, juga mendapatkan perhatian dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa," kata Sampun Hadam.

Selain dukungan mengalir dari Gubernur Jawa Timur, Direktur SMK Kemendikbud melalui Program Fasilitas SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan (Center Of Excellence) Prioritas Sektor Pemesinan dan Konstruksi, turut memberikan dukungan modal kerja untuk penyelesaian Mobil Listrik UMKM Mokasi dalam memenuhi pesanan tersebut.

“Sejumlah kegiatan di sekolah SMK PGRI Mejayan bagus, kembangkan terus kegiatan positif dan bermanfaat bagi anak-anak. Saya ingin bertanya, apa ada kendala dalam pengembangan mobil listrik itu? Jika ada sampaikan saja, biar ada solusi terbaik dan cepat,” kata Khofifah dalam kunjungannya tersebut.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:55 WIB

Bursa Calon Pimpinan BPJS Kesehatan Ada Eks Jubir Satgas Covid-19

Nasional

Nama eks Jubir Satgas Covid masuk bursa calon pimpinan BPJS Kesehatan.

20 Oct 2020 09:37 WIB

Musim 2021: Bianchi, Cervelo, dan Scott Pindah Tim

Gowes Bareng

Tiga tim besar WorldTour mengumumkan partner sepeda untuk musim 2021.

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...