Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Khofifah Ajak Warga Luangkan Waktu 3 Menit pada 17 Agustus

Jawa Timur 15 August 2020 22:45 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak warga untuk menghentikan semua aktivitas selama tiga menit. Hal ini untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Senin 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

Hal itu dilakukan sesuai arahan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) melalui Surat Edaran (SE) agar seluruh masyarakat bisa turut mengenang detik-detik proklamasi dengan sikap sempurna.

"Seluruh warga Jawa Timur, dimanapun berada kami mohon agar bisa menghentikan aktifitasnya sejenak pada pukul 10.17 hingga 10.20 WIB atau selama 3 menit saja, untuk mengheningkan cipta sambil berdoa dengan sikap tegap sempurna memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu 15 Agustus 2020.

Khofifah mengatakan, ini adalah upaya lain mengingat gelaran upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia ini dilakukan dengan mengambil ketentuan bahwa upacara dilakukan hanya oleh pemerintah daerah di ibu kota daerah masing-masing dengan menerapkan protokol ketat.

Khofifah menyebut, gelaran kali menggelar upacara bendera dengan jumlah peserta yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Yakni dengan melibatkan 3 anggota Paskibraka, 20 petugas upacara, 50 orang pasukan dari yang sebelumnya 1.200 orang, kemudian mengundang 120 tamu atau turun jauh dibanding tahun lalu mengundang 3.500 orang.

"Di tengah suasana pandemi Covid-19, peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI kita laksanakan dengan sederhana, namun tetap khidmat dan tertib," pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 22:15 WIB

Kampanye Damai, Machfud Arifin Ingin Surabaya Naik Kelas

Pilkada

MA akan revitalisasi pasar tradisional untuk buka 100 ribu lapangan kerja.

26 Sep 2020 21:16 WIB

Jula Juli Ala Mujiaman Curi Perhatian di Deklarasi Kampanye Damai

Pilkada

Calon Wakil Walikota Mujiaman berkomitmen akan hidupkan kesenian Surabaya.

26 Sep 2020 21:11 WIB

Banyuwangi Punya Destinasi Dermaga Kapal Yacht

Ekonomi dan Bisnis

Jaring wisatawan menengah ke atas pemilik yacht.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...