Khawatir Demo Pelantikan Presiden, Polresta Malang Gelar Simulasi

09 Oct 2019 22:25 Jawa Timur

Polisi Resor Kota (Polresta) Malang, melakukan gelar simulasi pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin. Simulasi digelar di halaman Mapolresta Malang, Rabu 9 Oktober 2019.

Terlihat beberapa alat pengamanan dikeluarkan dalam simulasi tersebut, seperti kendaraan Water Cannon, dua ekor anjing pelacak, serta tongkat dan tameng yang dibawa oleh masing-masing personel kepolisian.

Kepala Polresta Malang, AKBP Dony Alexander, menerangkan simulasi tersebut dalam rangka jelang pelantikan Presiden. Selain itu, simulasi juga merupakan pelatihan Pengendali Masyarakat (Dalmas) yang rutin dilakukan tiap Minggu.

“Namun khusus pada pelatihan Dalmas kali ini, kami juga melaksanakan simulasi. Sebab sebentar lagi bersamaan dengan momen pelantikan Presiden Republik Indonesia,” ujar Dony.

Meski Kota Malang tidak berpotensi menggelar demonstrasi, namun Dony menyatakan antisipasi untuk hal itu perlu dilakukan.

"Karena jika ada unjuk rasa mendadak, nantinya kami sudah siap,” jelas Kasat Narkoba Polrestabes Medan tahun 2014 tersebut.

Dony melanjutkan untuk pengamanan pelantikan nanti pihaknya akan mengerahkan kurang lebih 400 personel.

“Sejumlah personel tersebut tidak hanya dari Polres Malang kota, tapi nantinya juga ada dari brimob,” ungkap Perwira Melati Dua, yang berhasil mengungkap penyelundupan sabu seberat 1,6 ton di Serang, Banten pada Januri 2019.

Sementara itu, Kasubag Humas Polresta Malang, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan, simulasi tersebut tidak hanya melibatkan personel dari Polresta Malang. Namun, jajaran Polsek di Kota Malang juga turut serta.

Marhaeni melanjutkan dalam simulasi itu dilakukan pelatihan mengenai teknis pengendalian unjuk rasa sampai dengan langkah taktis pengendalian, jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan.

“Hal ini tentu untuk mempersiapkan anggota secara matang dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar wilayah hukum Polres Malang kota selalu kondusif,” tutup perempuan asal Bali itu.

Untuk diketahui, pelantikan Presiden, Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, periode 2019-2024 akan dilakukan pada 20 Oktober 2019.

Kabarnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih tersebut juga akan dihadiri Presiden RI periode sebelumnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini