KH D. Zawawi Imron ketika menyampaikan pesan kebaikan di Masjid Al-Akbar Surabaya. (foto: ist)
KH D. Zawawi Imron ketika menyampaikan pesan kebaikan di Masjid Al-Akbar Surabaya. (foto: ist)

KH Zawawi Imron 'Si Celurit Emas', Dijadwal Khotbah Idul Fitri di Al-Akbar

Ngopibareng.id Jawa Timur 14 June 2018 14:47 WIB
"Para jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat lokasi parkir berada di halaman barat masjid sisi selatan dan dilarang keras parker di pinggir jalan tol," kata Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar Surabaya.

KH D. Zawawi Imron, kiai asal Sumenep Madura, dijadwalkan akan memberikan Khotbah Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jumat (15/6/2018). Shalat Idul Fitri akan dimulai tepat pada pukul 06.00 WIB. Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya KH Abdul Hamid Abdullah akan menjadi imam Shalat Idul Fitri 1439 H. Zawawi Imron, yang dikenal sebagai penyair itu, akan menyampaikan tema "Mewujudkan Rasa Kasih Sayang".

Gubenur dan Forkompinda serta 60 ribu jamaah diperkirakan akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di masjid terbesar di Jawa Timur itu.
Untuk mengantisipasi banyaknya jamaah yang melaksanakan sholat Ied di MAS pihaknya mensiasati arus lalu lintas di lokasi. Untuk itu, guna menghindari kemacetan, jamaah dimohon hadir sebelum pukul 05.00 WIB.

"Para jamaah yang masuk masjid melalui pintu barat lokasi parkir berada di halaman barat masjid sisi selatan dan dilarang keras parker di pinggir jalan tol," kata Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar Surabaya dalam rilisnya pada ngopibareng.id.

Sedangkan dari arah Pagesangan dan Pangesangan baru, lanjut dia, jamaah bisa langsung parkir di lapangan MAS sebelah Barat gereja. Sedangkan dari arah Ahmad Yani, Menanggal, Graha Pangeran dan Gayungsari jamaah masuk melalui pintu utara lalu parkir di lapangan MAS atau sebelah gereja.

"Kalau dari dari arah Ahmad Yani, Injoko, Gayungsari II dan depan gereja, parkir di tanah lapang barat gereja. Jika dari arah Jalan Lingkar MAS, jamaah bisa langsung parkir di area parkir MAS melalui pintu selatan depan Restoran Agis. Selain itu, jamaah juga bisa parkir di lapangan PWNU yang cukup luas," ujar dia.

Sedangkan untuk parkir khusus bertanda stiker MAS, kata dia, masuk melalui pintu utara dan dari akses tol melalui pintu barat selatan. Sedangkan lokasi parkir ada di halaman sebelah barat MAS (samping kantor sekretariat MAS). Untuk parkir sepeda motor berada di halaman masjid sisi utara masuk pintu timur dan utara.

"Untuk kenyamanan jamaah, MAS menyiapkan dokter dan petugas kesehatan yang standby di ruangan dan keliling di area ibadah serta disiapkan 4 ambulance. Bagi jamaah yang menggunakan kursi roda MAS menyiapkan akses dan tempat wudlu khusus yang dipandu petugas. Lokasinya berada di gerbang timur masjid, sisi kanan untuk pria dan sisi kiri untuk wanita. MAS juga menyiapkan tiga kursi roda," katanya. (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Oct 2020 07:44 WIB

Jalaluddin Rumi, Menghabiskan Usia Mencari Allah

Khazanah

Penyair Persia yang Mengguncang Dunia

04 Oct 2020 11:00 WIB

Abu Sa’id Abul Khair, Insan yang Mengenal Cinta

Ady Amar

Tulisan Ady Amar tentang Abu Sa’id Abul Khair

06 Sep 2020 11:00 WIB

Rumi, Cinta-Ilahi Tanpa Sekat dan Lintas Zaman

Ady Amar

Tulisan Ady Amar tentang penyair sufi paling terkenal Jalaluddin Rumi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...