KH Masyhudi Muchtar, Pengasuh Pesantren Darul Hikam, Gedangan Sidoarjo. (Foto: Dok/Ngopibareng.id)

KH Masyhudi Muchtar Meninggal Dunia, NU Jawa Timur pun Berduka

Khazanah 17 June 2020 17:57 WIB

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Segenap warga NU dan jajaran PWNU Jawa Timur berduka. KH Masyhudi Muchtar, Pengasuh Pesantren Darul Hikam, Keboansikep Gedangan Sidoarjo, menghadap ke Rahmatullah. Sekretaris PWNU Jawa Timur 2008-2012 ini, mengembuskan nafas terakhir pada Rabu, 17 Juni 2020 bertepatan 25 Syawal 1441 H.

"Almarhum adalah sosok pejuang NU yang merintis aktivitas dari bawah. Pengabdiannya jelas untuk NU menjadi teladan bagi generasi sesudahnya," tutur Sudarsono, teman akrabnya, yang pernah aktif dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Sebelum menjadi Sekretaris PWNU Jawa Timur 2008-2012, KH Masyhudi Muchtar adalah Ketua PW IPNU 1982-1988. Terakhir di PWNU Jatim duduk sebagai Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim semasa kepemimpinan Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah.

Berikutnya, ketika kepemimpinan KH Marzuki Mustamar, KH Masyhudi Muchtar duduk sebgai A'wan PWNU Jawa Timur.

Pesan Indah KH Masyhudi Muchtar.

Sebagai Pengasuh Pesantren Darul Hikam, Gedangan Sidoarjo. Pesantren, ada pesan indah yang sempat disampaikan kepada santri dan umat Islam secara umum. Tentang kita agar "Pandai Menghargai Nikmat".

"Ingin sukses berterima kasihlah kepada siapa saja yg berjasa terhadap kita, lewat ucapan lebih-lebih doa-doa untuk kebaikannya. Cuma sayang, sedikit yang mau mempraktikkannya." Deikian pesan KH Masyhudi Muchtar, Pengasuh Pesantren Darul Hikam, Gedangan Sidoarjo.

Setiap waktu kita menghadapi masalah. Setiap waktu itu pula, sebagai orang beriman, harus tetap optimistis karena Allah Swt ada di pihak orang beriman. Dan bukankah Allah berfirman: pada setiap kesulitan ada kemudahan, pada setiap kegelapan pasti ada terang.

Syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada sesama adalah kunci bahagia dunia akhirat. Cuma sayang yang melakukannya tidak banyak.

Semoga almarhum Kiai Masyhudi Muchtar diterima di Sisi Allah Subhanahu wa ta'ala. Alfatihah. Amiin.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

08 Aug 2020 22:45 WIB

Rekom PDIP ‘Final’, Whisnu-Eri Maju di Pilwali

Pilkada

Rekom ini disebut-sebut atas perintah Jokowi.

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...