KH Ma'ruf Amin dan Luhut Jenguk Ibu Ani Yudhoyono

31 May 2019 21:00 Nasional

Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin terbang ke Singapura untuk menjenguk Ani Yudhoyono yang saat ini dirawat intensif di ruang ICU National University Hospital. Ma’ruf meninggalkan Tanah Air pada Jumat, 31 Mei 2019 sore.

Keberangkatan Ma’ruf diungkapkan putri sulungnya, Siti Ma'rifah. Namun, dirinya belum mengetahui perkembangan terkini karena tidak turut mendampingi.

"(Ma'ruf) jam 3 sore (pukul 15.00 WIB) tadi berangkat, maaf saya tidak menemani jadi tidak tahu kondisi di sana," katanya seperti dikutip Antara, Jumat, 31 Mei 2019.

Ma’ruf sore tadi sedianya menghadiri acara Iftar Anak Yatim bersama KH Ma'ruf Amin, di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Barat. Namun karena berangkat ke Singapura, Mustasyar PBNU itu diwakili Ma’rifah.

Dalam acara ini Ma’rifah menyampaikan permohonan maaf karena Ma’ruf Amin batal hadir. "Maaf Abah (Kyai Ma'ruf) tak bisa hadir. Beliau hari ini harus terbang ke Singapura untuk menjenguk Ibu Ani Yudhoyono yang sedang sakit. Abah diminta untuk mendoakan Ibu Ani," kata dia.

Ani Yudhoyono menjalani perawatan di ruang ICU lantaran mengalami demam tinggi akibat kanker darah yang dideritanya. Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuturkan, sejumlah tindakan medis dilakukan oleh tim dokter untuk memulihkan kondisi Ani yang menurun.

"Pada hari Rabu, 29 Mei 2019, Ibu Ani Yudhoyono harus dirawat secara intensif di ruang ICU NUH Singapura. Tindakan itu diambil sebagai respons cepat terhadap kondisi penurunan kesehatan Ibu Ani yang masih belum stabil," kata AHY, Kamis 30 Mei 2019 malam.

Menurut dia, saat ini Ani Yudhoyono sedang memerlukan penanganan ekstra. Seluruh keluarga besar Yudhoyono saat ini pun berkonsentrasi pada upaya pemulihan kembali kondisi kesehatan Ani.

Selain SBY, dirinya dan sang istri, Annisa Pohan, serta Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan istrinya, Aliya Rajasa juga berada di Singapura. Selain itu anak-anak mereka atau cucu SBY turut mendampingi. Begitu juga besan SBY, Hatta Rajasa.

Selain Ma'ruf, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan siang tadi juga menjenguk Ani. Namun dia tidak dapat menemui karena mantan Ibu Negara itu dirawat di ruang steril. Luhut diterima Hatta Rajasa.

Luhut mengajak masyarakat mendoakan yang terbaik untuk Ani Yudhoyono supaya masa kritisnya bisa dilewati. "Ada diagnosa, kalau tiga hari masa kritis ini berhasil dilewati, maka mungkin masih bisa recovery lagi setelahnya," kata dia. (wit/ant)