Kevin/Marcus saat bertanding menghadapi ganda China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen di babak semifinal Indonesia Open 2019. (Foto: PBSI)

Kevin/Marcus ke Final, Indonesia Pastikan Satu Gelar

Bulutangkis 20 July 2019 19:54 WIB

Indonesia memastikan satu gelar di ajang BWF World Tour Super 1000 Indonesia Open 2019 setelah dua wakil di ganda putra melenggang ke final. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan menghadapi senior mereka di pelatnas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ahsan/Hendra yang bertanding lebih dahulu berhasil lolos ke final usai bertarung ketat hingga tiga game menghadapi ganda asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak semifinal.

Dalam pertandingan yang berjalan selama 57 menit tersebut, Hendra/Ahsan sempat tertinggal di game pertama 17-21. Pasangan unggulan ke-4 tersebut berhasil menyamakan kedudukan di game kedua 21-19. Di game penentuan, juara All England 2019 tersebut berhasil mengunci kemenangan 21-17 dan memastikan diri lolos ke final.

Sementara, Kevin/Marcus yang menjadi unggulan pertama dalam turnamen berhadiah 17,4 miliar tersebut, melenggang mulus ke final dan memastikan satu gelar Indonesia di sektor ganda putra usai mengalahkan musuh bebuyutan mereka asal China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen 21-9, 21-13.

Kevin/Marcus hanya membutuhkan waktu 29 menit untuk memulangkan ganda China berperingkat dua dunia tersebut. Bagi Kevin/Marcus, mereka berpeluang untuk mempertahankan gelar ganda putra mereka di Indonesia Open 2019 usai tahun lalu menjadi juara setelah mengalahkan ganda Jepang Takouto Inoue/Yuki Kaneko 21-13, 21-16.

Di final Kevin/Marcus sudah ditunggu oleh Ahsan/Hendra. Dari delapan pertemuan di antara kedua pasangan, Kevin/Marcus unggul dengan 6 kemenangan, sedangkan Ahsan/Hendra baru meraih 2 kemenangan. Pertemuan terakhir untuk mereka terjadi di final Indonesia Masters 2019, bulan Januari lalu dimana Kevin/Marcus keluar sebagai juara.

Walau Indonesia memastikan satu gelar di sektor ganda putra, hasil ini tetap tidak sesuai ekspetasi dari PBSI. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Atlit PBSI, Susi Susanti sebelum turnamen menargetkan Indonesia bisa meraih dua gelar di kandang sendiri.

Selain dari nomor ganda putra yang menjadi tumpuan, Susi menargetkan tunggal putra untuk meraih gelar setelah dalam dua turnamen BWF World Super Tour terakhir, Jonatan Christie berhasil keluar sebagai juara, tepatnya di Australia Open 2019 dan New Zealand Open 2019. (faq)

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 May 2020 19:50 WIB

Unggah Foto Mohammad Ahsan Sujud Syukur, BWF Ucapkan Idul Fitri

Bulutangkis

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang ikut merasakan suasana Idul Fitri.

15 Apr 2020 01:59 WIB

Kevin Lelang Raket Juara All England untuk Bantu Covid-19

Bulutangkis

Raket dibeli Rafli Ahmad seharga Rp40 juta.

16 Jan 2020 21:43 WIB

Ahsan/Hendra ke Perempatfinal Indonesia Masters 2020

Bulutangkis

The Daddies kembali menunjukkan taji mereka di babak 16 besar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.