Liga Champions. (Foto: Twitter/@napoli_stream)

Keuntungan Gol Tandang Tetap Berlaku?

Liga Champions 01 July 2020 19:45 WIB

Keuntungan gol tandang yang berlaku di Liga Champions bisa jadi tetap diberlakukan meski sisa pertandingan akan digelar di tempat netral sekali pun. Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi klub dengan status tandang, karena mereka memiliki kesempatan yang sama dengan tim yang seharusnya menjadi tuan rumah.

Di tempat netral, jelas tidak ada keuntungan apa pun yang didapatkan oleh tim tuan rumah. Pasalnya, tidak ada dukungan penonton yang biasanya mampu membakar semangat para pemain. Sementara tim tamu tidak akan mendapatkan tekanan atau gangguan dari suporter tuan rumah yang kali ini tidak dilibatkan.

Manchester City yang memetik kemenangan 2-1 di Santiago Bernabeu misalnya, mendapat giliran menjamu Real Madrid di tempat netral di Portugal pada leg kedua babak 16 besar. Begitu juga dengan Barcelona yang berhasil menahan Napoli 1-1 di Naples dalam duel leg pertamanya.

Juventus juga demikian. Kekalahan 0-1 pada leg pertama di kandang Lyon akan lebih berat bagi La Vecchia Signora untuk membalikkan keadaan lantaran duel ini akan berlangsung di luar kandang mereka sendiri.

Satu-satunya yang paling nyaman hanya Bayern Munchen yang hampir pasti aman setelah pada leg pertamanya di Stamford Bridge berhasil mencuri kemenangan telak, 3-0, atas Chelsea.

UEFA sendiri belum memutuskan mengubah regulasi pertandingan ini. Mereka juga belum menentukan apakah sisa laga babak 16 besar akan dimainkan di lokasi netral atau tetap home-away. Namun ada kemungkinan akan digelar sesuai format sebelumnya, mengingat kompetisi di negara-negara itu sudah bisa digulirkan kembali. Perubahan  kemungkinan baru dilakukan saat memasuki perempat final, semifinal dan final.

Sesuai jadwal, leg kedua babak 16 besar akan dimainkan pada 7/8 Agustus 2020 mendatang. Babak perempat final dijadwalkan pada 12 hingga 15 Agustus. Sedangkan semifinal diputar pada 18 dan 19 Agustus. Sementara partai final akan berlangsung pada 23 Agustus 2020 di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal.

Undian perempat final sendiri akan diputuskan pada 10 Juli di Nyon, Swiss, melalui mekanisme undian yang digelar pukul 12.00 waktu setempat. Sedangkan drawing babak 16 besar Liga Europa akan dilakukan 11 Juli pukul 01.00 dini hari waktu setempat.    

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:58 WIB

Jangan Lupa, Sore Ini Pengumuman SBMPTN

Pendidikan

Peserta yang lolos SBMPTN diminta mencermati informasi perguruan tinggi.

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...