Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo saat meninjau langsung pembangunan RS lapangan di Politeknik Kesehatan Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo saat meninjau langsung pembangunan RS lapangan di Politeknik Kesehatan Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Satgas Covid Target RS Lapangan di Malang Selesai Dua Pekan

Ngopibareng.id Jawa Timur 03 December 2020 20:16 WIB

Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menargetkan pembangunan Rumah Sakit (RS) lapangan di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) akan selesai dalam waktu dua pekan ke depan.

"Mudah-mudahan saja dua minggu ke depan bisa menyelesaikan pekerjaan itu (pembangunan RS lapangan) untuk penyelesaian fasilitas yang ada di setiap ruangan," ujarnya pada Kamis, 3 Desember 2020, ketika mengunjungi Polkesma, Kota Malang untuk meninjau pembangunan RS lapangan Covid-19.

Doni berharap, dengan adanya RS lapangan tersebut bisa mengurangi beban RS rujukan yang ada di Malang Raya dalam penanganan pasien Covid-19. RS lapangan yang berkapasitas 306 bed tersebut akan digunakan sebagai rujukan pasien Covid-19 tanpa gejala, gejala ringan hingga gejala berat.

"Sehingga sesuai harapan ada 306 tempat tidur untuk pasien Covid-19 (tanpa gejala sampai gejala sedang) dan 10 kasur perawatan Intensive Care Unit (ICU)," tuturnya.

Dirut Rumah Sakit Saiful Anwar (RSS) Kota Malang, Kohar Hari Santoso yang juga pengampu RS lapangan tersebut menambahkan, bahwa nantinya pihak RSSA siap menyediakan dokter spesialis untuk operasional RS lapangan di Polkesma.

"Ada dokter spesialis penyakit dalam, paru-paru, ICU, kami akan kumpulkan, termasuk laboratorium patologi klinik, mikrobiologi untuk diagnosa," katanya.

Nantinya di RS lapangan tersebut, kata Kohar, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang sebagai upaya untuk mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

"Di sini kami siapkan fasilitas untuk gym, hiburan, mushola, juga ada taman, jogging track, apalagi suasana di sini sangat mendukung. Ini akan mempercepat penyembuhan," ujarnya.

Kohar menambahkan, bahwa nantinya RS lapangan di Polkesma tersebut tidak hanya digunakan untuk merawat pasien Covid-19 dari Malang Raya saja, namun juga daerah di sekitarnya.

"Bisa dari berbagai daerah seperti Pasuruan, Blitar hingga Probolinggo," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyetujui pembangunan Rumah Sakit (RS) lapangan di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma), menyusul adanya lonjakan pasien Covid-19 di sejumlah RS rujukan di Malang Raya.

Keputusan tersebut diambil setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim pada Selasa, 1 Desember 2020. Hari ini, diputuskan bahwa RS lapangan siap dioperasikan dalam waktu 10 hari lagi.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 21:15 WIB

FK Unair Ciptakan Aplikasi untuk Lindungi Nakes dari Covid-19

Kesehatan

Aplikasi ini bisa menjadi sarana KIE bagi nakes dalam menangani covid-19.

16 Jan 2021 21:00 WIB

Greysia/Apriyani Melaju ke Final Thailand Open 2021

Bulutangkis

Greysia/Apriani kalahkan ganda Korsel Lee So-hee/Shin Seung-chan.

16 Jan 2021 20:45 WIB

Maret, Asprov PSSI Jatim Gelar Kongres Secara Offline

Liga Indonesia

Kongres akan digelar secara offline dengan protokol kesehatan Covd-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...