Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih (foto:Pita Sari/Ngopibareng.id)

Hari Pertama, 74 Server UTBK Berjalan Lancar

Pendidikan 05 July 2020 11:35 WIB

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di seluruh Indonesia berjalan lancar dan server 100 persen berjalan tanpa kendala.

"Alhamdulilah seluruh Indonesia berjalan semua, server juga 100 persen aktif di 74 pusat UTBK di Indonesia. Masalah ada sedikit, tapi bisa kami atasi. Beberapa laporan waktu mencoba (komputer) dan waktu digunakan tidak sama," ungkap Nasih saat ditemui sedang memantau UTBK di Unair.

Menurut pantauannya, pelaksanaan UTBK hari pertama ini berjalan lancar dan tertib. Selain itu peserta yang tidak hadir juga tidak terlalu banyak. "Di beberapa tempat yang tidak hadir juga tidak begitu banyak, pelaksanaan berjalan lancar," ucap Nasih.

Meski berjalan lancar, namun ada sejumlah masalah yang ditemui di hari pertama. Masalah tersebut berasal dari peserta UTBK yang datang terlalu pagi, sehingga terjadi antrean di pintu gerbang Unair.

"Yang mungkin menjadi masalah adalah peserta dan pengantar datangnya terlalu pagi. Pintu belum dibuka antre di depan. Ada persoalan di situ, setelah pintu di buka relatif lancar," imbuhnya.

Tambahnya, bila ada peserta yang kesulitan untuk menjalani rapid test bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang disediakan Unair. Bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Unair memberikan rapid test gratis bagi peserta UTBK yang belum memiliki hasil uji cepat Covid-19 tersebut.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:46 WIB

Lakon Sabdo Pandito Rakjat Berkisah Tentang Dalang Ki Nartosabdo

Hiburan

Sore ini bisa disaksikan secara streaming di Youtube.

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...