Ketua KPK: Kami Serahkan Tanggung Jawab Lembaga ini ke Presiden

13 Sep 2019 20:30 Nasional

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan menyerahkan sepenuhnya mandat pengelolaan lembaga antirasuah itu ke Presiden Joko Widodo.

"Setelah kami mempertimbangkan situasi yang semakin genting, maka kami, pimpinan sebagai penanggung jawab KPK dengan berat hati, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK ke bapak Presiden," katanya dalam konferensi pers, Jumat 13 September 2019.

Ditemani dua wakilnya yakni Saut Sutumorang dan Laode M Syarif, serta jubir KPK Febri Diansyah, Agus mengatakan, pimpinan KPK menunggu tanggapan Presiden apakah mereka masih dipercaya memimpin KPK hingga akhir Desember atau tidak.

"Mudah-mudahan kami diajak Bapak Presiden untuk menjawab kegelisahan ini. Jadi demikian yang kami sampaikan semoga bapak Presiden segera mengambil langkah penyelamatan," katanya.

Agus merasa, saat ini KPK diserang dari berbagai sisi, khususnya menyangkut revisi Undang-Undang KPK. Ia menilai KPK tidak diajak berdiskusi oleh pemerintah dan DPR dalam revisi tersebut.

Sementara itu, suasana di sekitar gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, mulai kondusif pascakericuhan aksi massa yang mencoba masuk ke gedung KPK untuk mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK

Tampak sisa-sisa kericuhan masih terlihat di depan lobi gedung KPK seperti batu, botol minuman, dan bambu yang dilempar oleh massa aksi dari luar gedung KPK. (ant/wit)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini