Ilustrasi siapa pimpinan MPR-RI. (Ngobar)

Ketua DPD dan DPR Sudah Terpilih, Siapa Ketua MPR?

Politik 02 October 2019 10:29 WIB

Ketua DPR-RI sudah terpilih yaitu Puan maharani. Demikian juga kursi Ketua DPD-RI sudah diduduki La Nyala Mattaliti. Lantas siapa yang akan terpilih jadi Ketua MPR-RI periode 2019-2024?

Sidang paripurna penetapan pimpinan ini akan dipimpin oleh pimpinan sementara yakni anggota tertua dan anggota termuda MPR RI, juga akan dilanjutkan dengan pemilihan ketua MPR RI dari 10 nama pimpinan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi serta kelompok DPD RI di MPR RI.

Pada sidang tersebut fraksi-fraksi di MPR RI dan Kelompok DPD RI masing-masing akan menyerahkan satu nama dari fraksinya maupun dari kelompoknya yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI periode 2019-2014.

Beberapa nama calon pimpinan MPR RI, antara lain, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Soesatyo (Fraksi Partai Golkar), Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), Cucun Ahmad Syamsurijal (Fraksi PKB).

Kemudian, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera, belum menyebut siapa kadernya yang akan ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI.

Dari Partai Persatuan Pembangunan kemungkinan besar akan menunjuk Arsul Sani menjadi pimpinan MPR RI, serta dari Kelompok DPD RI masih ada beberapa nama yang disebut-sebut akan disampaikan menjadi pimpinan DPD RI, antara lain, Jimly Asshiddiqie dan Fadel Muhammad. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 13:50 WIB

Musda DPD, Arif Fathoni Jadi Calon Tunggal Ketua Golkar Surabaya?

Politik

Ia berharap ikhtiarnya membuahkan hasil maksimal.

08 Jul 2020 17:46 WIB

RUU HIP bikin Gaduh, Rieke Diah Pitaloka Dilengserkan PDIP?

Politik

PDIP berhentikan Rieke Diah Pitaloka dari Wakil Ketua Baleg DPR RI.

08 Jul 2020 07:45 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Tentukan Standar Biaya Rapid Test

Nasional

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi perhatian atas keluhan masyarakat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...