Ketua DKS Janjikan Gelar Konvensi Seniman Sebelum Desember

16 Aug 2019 13:55 Seni dan Budaya

Ketua Dewan Kesenian Surabaya Chrisman Hadi menjanjikan pergantian pengurus bisa dilakukan sebelum bulan Desember 2019.

"SK Kepengurusan DKS yang ditandatangani wali kota sampai tanggal 30 Desember 2019. Sebelum itu Insya Allah sudah ada konvensi seniman untuk memilih pengurus yang baru," kata Chrisman Hadi pada Ngopibareng.id.

Sebelumnya banyak yang menilai DKS bagai mati suri karena tidak adanya kegiatan. Sementara Chirsman Hadi sendiri sudah menerima jabatan baru sebagai Sekjen Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT). Demikian juga Sekretaris DKS Luhur Kayungga sudah terpilih menjadi presidium DKJT. Dengan masuknya kedua orang itu ke DKJT, maka perlu segera diadakan pemilihan pengurus baru DKS masa bakti 2019-2024.

Seorang seniman mengatakan, Chrisman akan menyelenggarakan konvensi seniman untuk memilih pengurus baru DKS, tetapi menunggu pelantikan dan pengukuhan pengurus DKJT dulu, katanya.

Seorang seniman Surabaya lainnya, Hamid Nabhan juga berpendapat, konvensi seniman harus segera dilaksanakan. "Dan pengurus yang dipilih dalam konvensi itu sebaiknya adalah anak-anak muda yang mengerti benar tentang organisasi dan kesenian. DKS jangan diberikan kepada orang yang keringatnya tidak pernah menetes di kesenian. Apalagi kepada orang yang nanti ujung-ujungnya cuma duit dan duit, kata Hamid Nabhan.(nis)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini