Ketombe Mata, Salah Satu Faktor Resiko Blefaritis

20 Aug 2019 14:25 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Pernah Anda menemukan kotoran putih di bulu mata?

Bila pernah menemukan, jangan angap itu hanya kotoran biasa. Kotoran putih yang muncul di bulu mata ini adalah ketombe mata yang disebabkan kelenjar minyak di sekitar bulu mata tersumbat. Hal ini disampaikan oleh dr. Yana Rosita, Sp.M spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya.

"Ketombe di bulu mata salah satunya pemakaian make up mata yang kurang bersih saat membersihkan. Salah satunya, pemakaian eyeliner yang digunakan dekat akar bulu mata. Bila kurang bersih saat dibersihkan maka akan menyumbat kelenjar minyak," Yana Rosita menjelaskan.

Untuk itu Yana mengingatkan, pentingnya membersihkan semua make up mata yang dikenakan sebersih mungkin. "Paling penting kalau pakai make up mata harus dibersihkan setelahnya. Kalau tidak bisa jadi ketombe itu tadi," kata Yana.

Ketombe pada bulu mata merupakan salah satu faktor resiko terjadinya blefaritis. Blefaritis merupakan peradangan pada kelopak mata, yang menyebabkan bagian tersebut terlihat bengkak dan merah. Kondisi ini dapat terjadi pada kedua mata, dengan kondisi peradangan yang jelas pada salah satu mata dibandingkan mata lainnya.

"Kondisi ini bisa terjadi di berbagai usia tapi tidak menular," imbuhnya.

Yana menjelaskan, sebelum terjadinya blefaritis sebaiknya bila ada ketombe mata segera bersihkan. Dengan cara mencuci bulu mata dengan shampo bayi.

"Dipejamkan matanya dikeramasi pakai shampo bayi yang tidak perih itu lho. Di buat keramas bulu mata, sama seperti keramas mata rambut. Tapi, ini keramasnya di bulu mata agar ketombenya hilang dan tidak terjadi peradangan di bulu mata," ucap Yana.

Namun, bila kondisi ketombe pada bulu mata tetap terjadi sebaiknya hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Penulis : Pita Sari
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini