Ketika Kiai Hakim Mustofa Operasi Jantung, Begini Kisahnya

13 Mar 2019 00:25 Khazanah

Tim unit penanganan jantung Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak Tulungagung sukses melakukan pemasangan ring jantung kasus komplek terhadap Kiai Abdul Hakim Mustofa. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tulungagung ini mengalami gangguan kardiovaskular dan membutuhkan penanganan khusus.

Operasi pemasangan ring terhadap Kiai Abdul Hakim Mustofa ini dilakukan untuk membuka pembuluh darah koroner di jantung agar bisa kembali menerima suplai darah yang cukup. Tindakan ini sekaligus memperkecil kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung.

Ketua PCNU Tulungagung ini menjalani perawatan pemasangan ring pada rangkaian kegiatan Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) di RSUD Dr. Iskak Tulungagung beberapa waktu lalu.

Usai menjalani tindakan tersebut, kondisi kesehatan Kiai Abdul Hakim Mustofa saat ini berangsur-angsur membaik. Sebelumnya kiai yang sudah 23 th mengabdikan diri di kelembagaan NU ini kerap mengeluhkan kondisi jantungnya yang kadang terasa ada gangguan.

“Alhamdulillah pemasangan ring yang dilakukan tim RSUD Dr. Iskak berjalan lancar dan sukses. Atas nama lembaga dan pribadi Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yg setinggi tingginya untuk semua team di RSUD dr iskak, semoga RSUD dr iskak semakin maju dan selalu menjadi kebnggaan masyarakat Tulungagung,” ujar Kiai Abdul Hakim Mustofa.
Tim unit penanganan jantung Rumah Sakit Umum Daerah Dr Iskak Tulungagung Foto imam kusnin ahmad for ngopibarengid
Tim unit penanganan jantung Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak Tulungagung. (Foto: imam kusnin ahmad for ngopibareng.id)

“Alhamdulillah pemasangan ring yang dilakukan tim RSUD Dr. Iskak berjalan lancar dan sukses. Atas nama lembaga dan pribadi Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yg setinggi tingginya untuk semua team di RSUD dr iskak, semoga RSUD dr iskak semakin maju dan selalu menjadi kebnggaan masyarakat Tulungagung,” ujar Kiai Abdul Hakim Mustofa.

Pulihnya kondisi kesehatan jantungnya ini diharapkan bisa menunjang tugasnya sebagai ketua PCNU Tulungagung. Abdul Hakim juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya warga Nahdliyin untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung. Bagi yang telah terlanjur mengidap gangguan jantung diminta tidak terlalu khawatir dengan ketersediaan sarana dan tenaga medis ahli di RSUD Dr. Iskak Tulungagung.

Sementara itu dr Supriyanto Sp.B direktur dan RSUD Dr. Iskak Tulungagung melalui Moch Rifai sie informasi dan pemasaran menjelaskan operasi pemasangan ring atau yang dikenal sebagai stent jantung adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat di bagian jantung.

Pembuluh darah yang tersumbat ini akibat dari penumpukan plak kolesterol ataupun zat lain yang menempel di dinding pembuluh. Untuk keadaan ketua NU ini kasusnya memang agak kusus karena sumbatan sdh mengeras, jadi perlu perlakuan kusus karena sumbatan harus di hancurkan dulu, dan alhamdulilah berjalan dengan sukses

Pemasangan ring jantung, menurut Rifai, akan memperbaiki aliran darah dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada otot jantung sehingga bisa mengurangi nyeri dada (angina) dan sesak napas.

Selain itu pemasangan ring jantung hanya memerlukan waktu sebentar untuk prosedur tindakan dan pemulihan sehingga memudahkan pasien untuk kembali beraktivitas. Meskipun diperbolehkan melakukan aktivitas keseharian, namun dokter akan menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat dulu.

“Semoga kondisi Kiai Abdul Hakim Mustofa makin baik setelah menjalani tindakan ini,” kata Imam Kusnin Ahmad, contributor ngopibareng.id. (adi)

 

 

 

 

 

 

 

Reporter/Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini