Pasangan Rasyid Rajasa dan Adara Taista (kiri). Hanya dalam hitungan tiga bulan kondisi tubuh Adara menjadi kurus (kanan).

Kesetiaan Rasyid Rajasa Jelang Ajal Menyemput Istri

21 May 2018 08:35

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Rasyid Rajasa mungkin jadi orang paling terpukul dan bersedih atas kepergian sang istri tercinta. Pasalnya, Adara Taista menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Moriyama Memorial Tokyo pada Sabtu (19/5/2018) siang waktu setempat.

Pasangan ini seharusnya masa-masa indah pernikahan. Rasyid dan Adara menikah pada 23 Desember 2017. Sebelum menuju proses menikah, keduanya terlebih dulu menjalani pacaran yang cukup lama, yakni 3 tahun.

Setelah itu, pada bulan November 2017 mereka bertunangan dan lamaran. Ketika menikah, mereka pun memilih pernikahan yang sederhana namun tetap khidmat.

Namun siapa sangka, dibalik kebahagiaan pasangan ini, Adara menderita kanker kulit. Penyakit inilah yang menggerogoti tubuh segar bugar Adara hingga berubah jadi kurus kering.

Rasyid Rajasa ditemani sang kakak, Aaliyah Rajasa di depan keranda jenazah Adara Taista.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Rasyid sempat menjadi imam salat Subuh Andara. Saat itu, wanita 27 tahun itu salat sambil berbaring di tempat tidur.

Tak hanya itu bukti kesetiaan Rasyid mendampingi istrinya yang berjuang melawan maut. Rupanya, ia sudah mengetahui perihal penyakit yang diderita oleh putri kedua Ismet Djamal Tahir.

Pasalnya, sang paman Adara, Ardjil Tahir mengungkapkan bahwa Adara ini sudah menderita sakit sejak awal 2017. Itu artinya, jauh sebelum Adara dan Rasyid menikah pada akhir tahun 2017.

“Dia kan menikah pada Desember 2017, nah kira-kira dia sudah kena penyakit itu dari sekitar awal 2017 lah,” tutur Ardjil di rumah duka, kediaman orangtua Adara di Jalan Sekolah Duta I No. 47, Pondok Indah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (20/5).

Tak lama usai menikah, Rasyid pun harus menerima cobaan lain. Sang istri harus menjalani serentetan perawatan ke Amerika Serikat.

Ardjil menjelaskan sebelum menjalani pengobatan di Jepang, Adara sempat terlebih dahulu menjalani pengobatan ke Amerika.

“Sebelum ke Jepang, dia berobat ke Amerika dulu sekitar Desember 2017. Ke Jepang baru sekitar pertengahan Maret lah,” terangnya.

Saat Adara di Amerika, Ardjil sempat berkomunikasi via video dengan keponakannya tersebut dan melihat kondisi Adara sudah kurus. “Perubahana fisiknya ada, tubuh dia kelihatan kurus banget,” ujarnya.

Menurut Ardjil, Edhie Baskoro Yudhoyono atau ibas sempat menengok Adara pada Kamis pecan lalu di Jepang. Saat itu Adara, katanya, masih bisa mengobrol dengan suami Aaliyah Rajasa, kakak Rasyid.

Bukti kesetiaan Rasyid, lanjut Ardjil, Rasyid selalu ada di samping Adara hingga saat sang istri menghembuskan nafas terakhir.

Jenazah Adara telah tiba di rumah duka pada Minggu malam (20/5) sekira pukul 19.30 WIB dengan dibawa mobil ambulans.

Pemakaman akan digelar pada hari ini di TPU Tanah Kusir AA1 Blad 01 sekira Pukul 10.00 WIB. (*)