Kesempatan Terakhir, Debat Pilpres Kelima Berisi 6 Segmen

13 Apr 2019 19:02 Politik

Para calon presiden dan calon wakilnya Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki kesempatan terakhir meyakinkan masyarakat saat menjalani debat Pilpres kelima, di Hotel Sultan, Jakarta, malam ini pukul 20.00 WIB. Setelahnya, pada 14-16 April, Pemilu 2019 akan memasuki masa tenang atau periode ketika masing-masing kandidat tidak boleh lagi berkampanye.

Debat terakhir ini diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat dengan media penyelenggara Net TV, TV One, AnTV, dan Beritasatu TV. Acara ini juga akan di-relay stasiun televisi lain, radio, dan media online.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri telah menunjuk dua jurnalis, yaitu Balques Manisang dari TvOne dan Tomy Ristanto dari Net TV, sebagai moderator. Dua nama tersebut diajukan oleh stasiun televisi penyelenggara dan telah disetujui Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

KPU mempertahankan baik format dan durasi debat seperti empat debat sebelumnya, yaitu enam segmen dengan waktu debat berkisar 90-94 menit. Segmen satu sendiri berisi penyampaian visi-misi oleh masing-masing pasangan calon. Tiap pasangan diberi waktu masing-masing 4 menit untuk memaparkan visi-misinya.

Segmen kedua, debat akan dilakukan dengan tema ekonomi, nantinya masing-masing kandidat akan menjawab secara bergantian, dilanjutkan dengan saling menanggapi jawaban. Selanjutnya, moderator akan kembali memberikan pertanyaan dengan tema kesejahteraan sosial.

Pada segmen ketiga, debat akan dimulai dengan tema keuangan dan investasi. Setelah masing-masing kandidat menjawab dan menanggapi, moderator akan kembali menanyakan pertanyaan dengan tema perdagangan dan industri.

Segmen keempat, kandidat akan melakukan sesi debat terbuka. Dalam sesi ini, masing-masing kandidat akan diberikan waktu 2 menit untuk memberikan pertanyaan dan 2 menit untuk menjawab.

Sesi debat terbuka ini akan dilakukan dua kali dalam satu segmen. Selanjutnya pada segemen kelima, kandidat akan kembali melakukan debat terbuka.

Segemen enam atau segmen terakhir, akan diisi dengan sesi pernyataan penutup dengan masing-masing paslon diberi waktu 4 menit. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini