Kerja Bakti Massal di Pantai Kenjeran Kumpulkan 23 Ton Sampah

09 Aug 2019 16:30 Surabaya

Sekitar 6.000 massa menggelar kerja bakti massal di Pantai Utara Surabaya, Jumat, 9 Agustus 2019.

Mereka berasal dari staf organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemkot Surabaya, TNI, Polri, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, dan para pelajar. 

Pantauan lapangan kegiatan kerja bakti ini dimulai pukul 05.30 WIB. Ribuan massa itu memunguti sampah-sampah di sepanjang pantai utara Surabaya yang terbagi ke dalam 8 zona mulai Tambakwedi hingga jembatan Suramadu. 

Kegiatan kerja bakti massal ini dipimpin langsung Wali Kota Tri Rismaharini yang juga ikut kerja bakti di wilayah Bronjongan, Tambakwedi, Surabaya. 

Sebanyak 23,5 ton sampah berhasil dikumpulkan. Sampah itu, diangkut menggunakan 15 dump truck menuju Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Sampah yang berhasil dikumpulkan tersebut kebanyakan berupa plastik kemasan. Selain itu, ada juga ditemukan sampah pecahan kaca dan kain bekas. 

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan kegiatan ini selain untuk membersihkan pantai utara Surabaya, juga menanamkan rasa cinta dan memiliki daerah pantai utara Surabaya. 

"Ini bentuk warga yang merasa memiliki Surabaya. Mereka juga tidak akan membuang sampah ke laut," ujar Risma kepada ngopibareng.id

Kegiatan bersih-bersih pantai ini juga menyambut peringataan HUT RI ke 74. Usai bersih-bersih sampah, warga melakukan penanaman sekitar 500 pohon cemara udang yang ditanam di bibir pantai utara Surabaya.

"Ini untuk mengurangi abrasi laut dan juga mengantisipasi bencana rob, angin topan, dan global warming," kata Risma. (alf)

 

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini