Interior dan akustik Ciputra Hall Performing Art Center Surabaya. (Foto Dokumen)
Gandrik Sambang Suroboyo

Kerennya Ciputra Hall, Tempat Pentas Teater Gandrik di Surabaya

Feature 30 October 2019 05:54 WIB

Tidak banyak gedung pertunjukan yang layak untuk pementasan seni dan budaya di Surabaya. Bahkan, satu-satunya dan terbaik saat ini hanya Ciputra Hall, Performing Art Center.

Gedung ini terletak di kawasan Citra Land, Surabaya Barat. Tepatnya di kompleks Puri Widya Kencana. Satu komplek dengan Sekolah Ciputra.

Hanya 200 meter dari GWalk, kawasan kuliner dan hang out di kota baru Surabaya Barat ini. Arah belakang GWalk jika masuk dari Unesa. Tak jauh dari danau Citra Land.

Gedung pertunjukan seni dengan kapasitas 710 kursi ini satu-satunya yang sudah mempunyai prasarana lengkap di kota ini. Sound system, lighting system, dan kualitas akustik yang sempurna.

Tata panggungnya sudah siap untuk jenis pertunjukan apa saja. Teater, musik, ballet, drama, maupun pertunjukan seni lainnya. Memperhitungkan akses keluar masuk artis tanpa melewati penonton.

Akses menuju gedung pertunjukan ini gampang. Ada tempat parkir mobil yang luas. Bergabung dengan halaman Sekolah Ciputra. Dari jalan, mobil bisa langsung drop off penumpang terus ke lapangan parkir. Gampang.

Ada teras yang luas. Bisa diisi outlet makanan jika ada pertunjukan. Keperluan yang tak boleh dilupakan saat ada pertunjukan dengan durasi panjang seperti Teater Gandrik.

Kursinya enak. Jarak nyaman untuk menonton sebuah pertunjukan. Disusun secara leveling. Sehingga punya pandangan bebas ke panggung meski duduk di paling belakang.

Ada dua pintu masuk utama. Dua pintu darurat. Pintu masuk dekat panggung dan di tengah gedung. Akses menuju pintu juga nyaman. Memudahkan arus keluar masuk penonton.

Bagian dalam menuju gedung pertunjukan Ciputra HallBagian dalam menuju gedung pertunjukan Ciputra Hall.

Ciputra Hall yang mulai beroperasi 2013 ini menjadi andalan untuk konser dan pertunjukan berkelas internasional. Saat grand opening mengundang Keith Martin.

Berbagai konser musik dan orkestra berulang kali digelar. Mulai dari Guest Conductor Addie MS dan Avip Priatna. Juga pertunjukan musik dengan guest drummer Gilang Ramadhan dan JKT48.

Remy Silado pernah menggelar pertunjukan teater di gedung ini. Juga komedian Raditya Dika. Teater Gandrik akan menjadi kelompok teater kedua yang pentas di Hall Ciputra.

"Berbagai pertunjukan ballet dan musik dengan guest performers dari luar negeri, seperti Jepang, Philipina, Korea, sampai Amerika berlangsung di sini," kata Devina Amanda dari Manajemen Ciputra Hall.

Sejumlah lembaga internasional menjadikan Ciputra Hall sebagai tempat pertunjukan kelompon seni mereka. Seperti dari Lembaga Kebudayaan Perancis, Jerman, Inggris, Taiwan, dan Belanda.

Penulis : Arif Afandi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 07:50 WIB

The Show Must Go Down

Arif Afandi

Mebandingkan kampanye pencegahan Covid di Yogyakarta dan Surabaya.

09 Dec 2019 19:56 WIB

Anggota DPRD Kota Surabaya Apresiasi Gelaran Teater Gandrik 2019

Seni dan Budaya

Alfian Limardi mengaku belajar banyak dari pementasan Butet Kertaradjasa dkk.

08 Dec 2019 22:25 WIB

Ini Kata Butet Dibalik Pentas Teater Gandrik Sambang Suroboyo

Seni dan Budaya

Teater Gandrik hampir batal pentas. Pemain masih berduka sepeninggal Djaduk.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...