Kerap Didemo, Bupati Lampung Utara Terjaring OTT KPK

07 Oct 2019 06:20 Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, Minggu 6 Oktober 2019 malam.

Penangkapan dilakukan di kompleks Rumah Dinas Bupati Lampung Utara pukul 20.30 WIB.
Tim KPK menggunakan empat mobil. Satu dari empat mobil yang masuk ke kompleks rumah dinas Bupati Lampung Utara tersebut berstiker logo KPK.

Selain Bupati Lampung Utara, dua kepala dinas dan seorang perantara juga ikut terjaring OTT KPK. Diduga hal ini terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) atau Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah ketika dikonfirmasi mengakui ada penangkapan tersebut. "Ada tim yang bertugas di Lampung. Setelah lakukan pengecekan info dari masyarakat di lapangan," ujar Febri kepada wartawan.

Dia mengungkapkan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan untuk kepala daerah setempat. "KPK mengamankan total empat orang sejak sore hingga malam ini," ucapnya.

"Sebagaimana hukum acara yang berlaku, maka KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut dalam waktu paling lama 24 jam akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan," sambung Febri.

Selanjutnya, Bupati Lampung Utara dan tiga orang lainnya akan diterbangkan ke Jakarta, hari ini, Senin 7 Oktober 2019.

Sebelum terjaring OTT KPK, Bupati Lampung Utara pernah didemo ratusan masyarakat dari berbagai elemen di gedung DRPD Lampura, pada Maret 2019.

Mereka menuntut agar Agung Ilmu Mangkunegara, mundur dari kursi jabatannya lantaran memperkaya diri.

“Kami menuntut hak yang selama ini tidak ada kejelasan. Selama berbulan-bulan kami dipermainkan. Bayangkan saja, kemunduran Lampung Utara saat ini disebabkan pimpinan yang memperkaya diri dan tidak perduli terhadap kepentingan masyakat umum,” kata Syamsi Eka Putra, juru bicara Koalisi Kontraktor Lampung Utara Bersatu (K2LUB), dalam orasi aksinya.

Dia meminta kepada seluruh wakil rakyat untuk melakukan pemakzulan terhadap kepemimpinan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara.

Sejumlah elemen masyarakat yang menuntut pemakzulan terhadap Agung Ilmu Mangkunegara berasal dari K2LUB, Aliansi LSM Lampung Utara, sejumlah aparatur desa se-Kabupaten Lampung Utara.

Ratusan massa yang menuntut pemakzulan tersebut disambut Wakil Ketua I DPRD Lampung Utara, Nurdin Habim.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini