Kerajinan Tangan Chinese Fragrance Doll Untuk Merayakan Imlek

03 Feb 2019 20:30 Entertainment

Binggung kegiatan apa yang dilakukan saat Imlek bersama keluarga? Mungkin ini bisa menjadi pilihan anda, yaitu membuat Chinese fragrance doll.

Chinese fragrance doll adalah kerajinan tangan berupa boneka kertas yang menyerupai origami dan kokeshi dari Jepang. Namun, Chinese Fragrance doll berasal dari China.

General Manager PT Integriya Dekorindo Lusy Evylia Puspita, dalam acara workshop Chinese Fragrance Doll yang diselenggarakan oleh Kana Furniture mengatakan membuat boneka kertas Chinese fragrance doll ini dapat melatih kreativitas, motorik serta imajinasi anak-anak.

"Boneka ini bisa jadi koleksi atau hiasan rumah saat imlek. Boneka ini juga bisa menjadi pilihan hadiah untuk teman atau saudara," katanya.

Instruktur Workshop Chinese Fragrance Doll Kana Furniture, Fenchilia Zhang mengatakan, untuk membuat boneka ini untuk pemula diperlukan waktu sekitar satu jam.

Perempuan yang akrab disapa Lia ini menambahkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat boneka ini antara lain spons. Spons dipakai untuk membuat badan boneka mulai leher sampai kaki. Kemudian ada lem, gunting, kertas washi, benang, tas kecil berjaring untuk tempat pengharum, serta aksesoris khas imlek tambahan seperti bunga dan pita.

Cara membuatnya, kata Lia, berawal menyiapkan kertas yang sudah digunting untuk lapisan luar badan boneka. Seperti kepala, wajah, leher, lengan, jari, rambut, penutup rambut serta siapkan kertas untuk membuat baju boneka yang bernuasa pakaian tradisional China, yang khas dengan sabuk dan pita.

"Serta aksesoris tambahan seperti kipas yang juga terbuat dari kertas dan aksesoris kepala khas China," kata Fenchilia Zhang

Setelah semua bahan sudah siap,  tempelkan kertas pada spons yang menjadi badan boneka, lalu lipat dan bentuk bagian baju lalu pasang menjadi satu. Kemudian pasang daerah lengan, jari dan wajah. 

"Pasang tali pada kepala bagian atas kepala. Tali tersebut berfungsi sebagai penggantung boneka," katanya.

Tahap berikutnya adalah memasang rambut boneka, kemudian pasang aksesoris kepala khas China. Tambahkan bunga berbahan kain di kedua sisi. Jangan lupa tambahkan seperti bagian kipas yang bisa ditempel pada bagian jari. 

"Selanjutnya pasang tali yang dikaitkan dengan tas kecil berjaring yang akan diisi pengharum. Tali tersebut dapat direkatkan di baju bagian belakang," katanya.

Terakhir, pasang bagian pita pada baju bagian belakang menutup tali yang menempel. 

 

"Selain untuk mempercantik rumah, karena  Chinese Fragrance Doll mengeluarkan keharuman cocok juga diletakkan di mobil untuk pengharum," ujarnya. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini