Ilustrasi - Warga korban keracunan makanan kenduri mendapat perawatan intensif di garasi puskesmas Kecamatan Doko, Blitar, Jawa Timur, Kamis 15 Februari 2018. (Foto: Antara)
Ilustrasi - Warga korban keracunan makanan kenduri mendapat perawatan intensif di garasi puskesmas Kecamatan Doko, Blitar, Jawa Timur, Kamis 15 Februari 2018. (Foto: Antara)

Keracunan di Garut, Korban capai 177 orang

Ngopibareng.id Nasional 07 March 2018 10:17 WIB

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencatat jumlah korban keracunan diduga akibat makanan yang disajikan hajatan di Kecamatan Malangbong, Garut, mencapai 177 orang, sebagian besar masih mendapatkan perawatan medis, ada juga yang sudah diperbolehkan pulang setelah diobati.

"Data sampai dengan pukul 00.10 WIB terdapat jumlah korban 177 orang," kata Camat Malangbong Teten Sundara kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, para korban keracunan merupakan warga dari Desa Sakawayana yang mengalami sakit mual dan muntah setelah mengonsumsi makanan dari sebuah acara hajatan di wilayah itu.

Seluruh warga yang mengeluhkan sakit, kata Teten, telah mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Malangbong dan puskesmas terdekat lainnya, juga ada yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut.

Ia menyebutkan, korban yang masih mendapatkan penanganan medis yakni sebanyak 59 orang di Puskesmas Malangbong, 49 orang tersebar di Puskesmas Cibatu, Limbangan, Citeras dan Puskesmas Bandrek.

"Sementara itu 69 pasien bisa pulang," katanya.

Pemerintah Kabupaten Garut telah menerjunkan 35 unit mobil ambulans untuk membantu evakuasi warga ke rumah sakit.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi bersama kepala dinas terkait terjun ke lokasi yang terdapat banyak warga menjadi korban keracunan.

Didit menginstruksikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait untuk memberikan bantuan yang dapat dipergunakan dalam menanggulangi korban keracunan itu.

"Bantuan sementara dari Pemerintah Kabupaten Garut dan TNI untuk mengantisipasi sambil menunggu informasi lanjutan dari Camat dan Puskesmas Malangbong yang menangani korban keracunan," katanya. (ant)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 13:00 WIB

8 Hari Raja Malaysia Dirawat, Keracunan dan Cedera Kaki

Internasional

Raja Malaysia dirawat di rumah sakit.

13 Feb 2020 10:05 WIB

Mahasiswa UB Buat Aplikasi Cegah Keracunan Makanan

Pojok Unibraw

Edukasi masyarakat soal penyimpanan dan mengolah makanan yang baik

02 Jan 2020 13:03 WIB

Lebih 250 Orang Warga Jember Keracunan Ikan Tongkol

Jawa Timur

Lebih dari 250 orang warga Kabupaten Jember keracunan ikan tongkol.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...