Pelantikan Lia sebagai Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim. (Foto: Istimewa)
Pelantikan Lia sebagai Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim. (Foto: Istimewa)

Keponakan Khofifah Dilantik Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim

Ngopibareng.id Jawa Timur 28 October 2019 03:37 WIB

Keponakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa, Lia Istifhama resmi resmi dilantik sebagi pimpinan DPP Perempuan Tani (PT) HKTI Jawa Timur.

Pelantikan Lia dilakukan langsung oleh Ketua DPN PT HKTI, Dian Novita Susanto, Sabtu 26 Oktober 2019 di di Kampus IKHAC Ponpes Amanatul Ummah, Mojokerto milik KH Asep Saifuddin Chalim.

Pelantikan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur Wemmy Niamawati, Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur Hadi Sulistyo, Kepala Dinas Pendidikan Mojokerto Puji Astuti, hingga Kapolres Mojokerto AKBP Heriyatno.

“Selamat kepada Mbak Lia dan jajarannya. Semoga tidak akan berhenti sampai di sini saja ya. Tapi terus melakukan eksplorasi potensi yang ada di Jatim demi kesuksesan petani perempuan," kata Dian saat memberikan sambutan.

Dian berharap, seluruh pengurus baru DPP Jawa Timur, terus mengikuti arahan dan visi misi Ketua Umum HKTI, Jendral (Purn) Moeldoko. Sebagai sayap organisasi HKTI, Perempuan Tani (PT) harus mampu menjadi jembatan antara petani dengan para investor hingga pasar. Utamanya pasar internasional.

“Semoga ini bisa menjadi solusi konkret terciptanya pertanian yang berkelanjutan. Yang akan diambil nantinya, kita bisa membantu mengentaskan kemiskinan, mencapai ketahanan pangan hingga perbaikan gizi di Jatim dan Indonesia,” katanya.

Dian mengatakan, di dunia pertanian, komposisi wanita lebih besar daripada laki-laki. Sehingga, menurut Dian, itu bisa menjadi modal dan kekuatan utama untuk keberlangsungan PT di Jatim.

“Perempuan itu 72% lebih banyak daripada petani laki-laki yang hanya 28%. ini bisa jadi peluang besar bagi kaum perempuan untuk memainkan peran dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim terpilih Lia Istifhama mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia berjanji, selama kepengurusannya, akan membentuk kepengurusan di semua level di Kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Selain itu, Lia mengatakan akan sering melakukan audensi dengan Pemprov Jatim, khususnya gubernur dan Dinas Pertanian.

"Akan ada sinergi program dengan Gubernur Jatim, dan Dinas Pertanian, sesuai dengan arahan DPN. Kami akan melakukan program sesuai dengan karakter masing-masing," kata Lia.

Dalam pelantikan itu, sebetulnya ada hal unik. Yakni, tiga kandidat calon Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jatim, sama-sama bakal calopn wali kota Surabaya, yang mendaftar lewat PDI Perjuangan. Mereka adalah Lia IStifhama, Sri Setyo Pertiwi, dan Laksamana Untung Suropati.

"Kami bertiga di sini sama-sama punya tujuan untuk membesarkan Perempuan Tani. Ini menjadi sisi menarik di mana perempuan tani merupakan wadah yang egaliter dan mengutamakan kekompakan, bukan kompetisi politik. Catat, bukan kompetisi politik," kata Lia.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 22:01 WIB

Empat Daerah Zona Merah, Khofifah Minta Warga Disiplin Prokes

Rek, Ojok Angel Tuturane

Akan kembali gelar operasi yustisi dengan masif

03 Dec 2020 21:29 WIB

Lonjakan Kasus Covid di Jatim, Khofifah Minta Perketat 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

Sebab protokol kesehatan dan 3M adalah vaksin utama saat ini.

03 Dec 2020 19:30 WIB

Update Covid-19 Jawa Timur: Infeksi Bertambah 564

Reportase

Zona Kuning menyusut tersisa dua wilayah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...