Kepolisian Akan Periksa Gus Nur Lagi Minggu Depan

24 Nov 2018 10:09 Kriminalitas

Polda Jatim akan menjadwalkan pemeriksaan lanjutan kepada Sugi Nur Raharja atau biasa disapa Gus Nur, demi melengkapi data sebelum dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pihaknya masih butuh data-data  yang perlu dilengkapi, sebelumnya Gus Nur pada 22 November 2018, diperiksa selama lima jam dengan dicecar 20 Pertanyaan.

"Pemanggilan kedua, sudah dijadwalkan minggu depan, Senin sampai Jumat, antara itu," ujar Barung di Mapolda Jatim, 23 November 2018. 

Akun media sosial yang dimiliki Gus Nur sudah disita oleh Polda Jatim untuk menghindari tersangka melakukan perbuatan serupa.

"Tidak menutup kemungkinan, penyidik akan ke Palu, untuk menyita beberapa barang bukti lain," kata Barung.

Walau status Gus Nur telah menjadi tersangka, pihak Polda Jatim tidak akan lakukan penahanan sementara, karena menurutnya ancaman hukuman empat tahun tidak dilakukan penahanan.

Tapi kepolisian akan terus memantau keberadaan Gus Nur, untuk pemeriksaan dan kebutuhan penyidikan lainya.

Gus Nur terjerat kasus pencemaran nama baik setelah pada 20 Mei 2018, dirinya merekam sebuah video dan menguploadnya ke youtube dengan judul "Generasi Muda NU Penjilat".

 

Di video tersebut, Ia mengucapkan kata-kata yang dianggap kasar dan mencemarkan nama baik NU. Video ini kemudian dilaporkan oleh Koordinator Forum Pembela Kader Muda NU. (ocn)

Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini