Deklarasi mendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, kandidat nomor 2 Pilkada Jawa Timur, di Bojonegoro, Numat, 8 Juni 2018.

Kepincut Pendidikan Gratis, Warga Bojonegoro Mantap Pilih Gus Ipul-Puti

08 Jun 2018 21:34

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gerakan mendukung Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno terus muncul, kurang 18 hari coblosan Pilkada Jawa Timur.

Di Bojonegoro Timur, warga laki-laki dan perempuan dari beberapa kecamatan, berkumpul menjadi satu. Mereka mencetuskan deklarasi, mendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, kandidat nomor 2 Pilkada Jawa Timur.

Bahkan, pimpinan gerakan itu dipegang tokoh perempuan. “Kami semua bertekad untuk memenangkan Gus Ipul dan Mbak Puti dalam Pilkada Jawa Timur,” kata Dian Imadudin, yang membaca deklarasi dukungan pada Gus Ipul-Puti, Jumat, 8 Juni 2018. 

Sekitar seribu lebih warga berkumpul, di bawah tenda, sore menjelang buka puasa. Warga berasal dari Muslimat, Fatayat, petani dan masyarakat umum lainnya. “Kami patuh dengan himbauan para ulama sepuh, yang meminta umat untuk membantu dan memilih Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Dian.

Sejumlah rencana program kerja Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno disampaikan di forum deklarasi itu. Seperti pendidikan gratis untuk SMA/SMK Negeri. Juga akan dilakukan pembebasan biaya untuk siswa miskin di sekolah-sekolah swasta dan madrasah.

“Hanya Gus Ipul-Mbak Puti yang berani tegas untuk menyatakan pendidikan gratis bagi rakyat Jawa Timur. Rencana kebijakan itu sangat menyentuh kebutuhan masyarakat kecil. Terutama para ibu-ibu yang punya puteri-puteri di tingkat menengah,” kata Dian.

Sementara itu, Plt. Ketua DPC PDIP Bojonegoro Abidin Fikri terus memperkuat momentum Juni Bulan Bung Karno. Hari ini, Abidin Fikri berziarah ke Makam Bung Karno.

“Kami berdoa di Makam Bung Karno bersama anak-anak yatim piatu. Kita mohon kemuliaan yang setinggi-tingginya bagi Bung Karno, Sang Proklamator, atas semua amal perjuangannya pada bangsa ini,” kata Abidin Fikri. (frd/wah)