Kepergok Pelesiran, Setnov Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

15 Jun 2019 01:00 Korupsi

Terpidana kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur. Ini menindaklanjuti dari kabar Setnov sedang jalan-jalan di luar tahanan pada Jumat, 14 Juni 2019.

"Malam ini Setya Novanto akan saya pindahkan ke Lapas Gunung Sindur," kata Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak seperti dikutip Antara, Jumat, 14 Juni 2019 malam.

Kata Liberti, Novanto dipindahkan menggunakan mobil ambulans. Sekitar pukul 10.30 WIB, mobil ambulans yang membawa Novanto keluar dari Lapas Sukamiskin.

Liberti mengatakan perlu mengambil tindakan tegas terhadap narapidana kasus korupsi E-KTP itu. Menurutnya, perbuatan Novanto pelesiran merupakan salah satu pelanggaran berat.

"Ini murni peristiwa hari ini yang mendasari saya mengambil keputusan malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri," kata Liberti.

Liberti mengatakan saat ini pengawal yang mendampingi Novanto tengah menjalani pemeriksaan terkait kabar pelesiran itu. Novanto sendiri akan diperiksa saat di Gunung Sindur.

"Selasa atau Rabu sudah selesai pemeriksaan sehingga kita mengetahui benang merahnya di mana. Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," kata Liberti.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. (wit/ant)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini