Mobil dinas mewah SUV Jeep Wrangler Rubicon, Bupati Karanganyar Juliyatmono. (Foto: Istimewa)

'Kendaraan Perang' Bupati Karanganyar Rp1,98 Miliar

Nasional 27 December 2019 05:25 WIB

Mobil dinas mewah SUV Jeep Wrangler Rubicon berwarna oranye siap menemani Bupati Karanganyar Juliyatmono bertugas ke wilayah pegunungan terjal, seperti Kecamatan Jenawi, Ngargoyoso, dan Jatiyoso.

"Kendaraan dinas operasional yang penggunaannya untuk wilayah terjal, karena itu off-road, daerah gunung-gunung," ujar Juliyatmono.

Kendaraan seharga Rp1,98 miliar ini sempat menyedot perhatian publik. Juliyatmono sempat menyebut mobil dinasnya sebagai kendaraan perang. "Kendaraan perang!" ucapnya singkat.

Mobil dengan pelat nomor dinas AD 1 F tersebut memiliki supir khusus, yang juga mendampingi Juliyatmono dengan mobil sebelumnya.

"Sistem penggerak roda 4x4 mendukung mobil melewati berbagai jalur seperti misalnya nanti kita coba naik ke Segorogunung, Ngargoyoso," ujarnya.

Kendaraan tiga pintu tersebut menggantikan SUV buatan Jepang, Toyota Fortuner seharga Rp500 juta sebagai penunjang tugas keseharian Juliyatmono.

Perjalanan menuju kantor DPRD Karanganyar sendiri menjadi agenda perdana penggunaan kendaraan tersebut sejak keluar dari dealer.

Saat ini, Juliyatmono memasuki periode kedua kepemimpinan di wilayah Karanganyar sejak menjabat pada 2013 lalu. Sang Bupati menyebut tidak terlibat memilih langsung mobil dengan mesin 3.0 L bertipe V6 itu. "Belum pernah sekalipun saya meminta kendaraan ini kendaraan itu," ujarnya.

Jeep Wrangler Rubicon dikenal sebagai mobil tanggih di dua medan terlebih untuk melibas jalur semi off road. Mobil asal Amerika Serikat tersebut memiliki ketangguhan berkat mesin 3.0L V6 24-Valve VVT Engine yang mampu menciptkan 230 tenaga kuda dan torsi maksimum berada di 285 Nm.

Di Indonesia sendiri, Jeep dipasarkan oleh distributor Hascar yang melanjutkan kepemilikan distribusi berbagai model Jeep untuk tanah air. Sebelumnya Jeep pertama kali hadir melalui distributor Garansindo.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 23:50 WIB

Tak Tahu Kata Sis dan Sister, Kekeyi Minta Maaf

Hiburan

Kekeyi tak paham kata sis dan sister dalam bahasa Inggris.

04 Jun 2020 23:40 WIB

Tragedi Zoom Meeting, Senator Buka Baju dan Telanjang Dada

Internasional

Senator asal Meksiko telanjang dada saat digelar Zoom Meeting.

04 Jun 2020 23:00 WIB

Arzeti Bilbina Prihatin Konflik Pemprov Jatim Vs Pemkota Surabaya

Jawa Timur

Arzeti Bilbina imbau jangan ada konflik.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...