dr. Dewi Rosa Rina, Sp.M saat menjelaskan bagian mata yang akan terkena iritasi mata karena lensa kontak. (Foto: Pita/ngopibareng.id)
dr. Dewi Rosa Rina, Sp.M saat menjelaskan bagian mata yang akan terkena iritasi mata karena lensa kontak. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Kenali Gejala Iritasi Mata yang Disebabkan Oleh Lensa Kontak

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 19 October 2019 20:37 WIB
RS Mata Undaan

Penggunaan lensa kontak saat ini memang makin menjamur di kalangan remaja. Namun, di balik penggunaanya yang sederhana dan terlihat estetik di mata, lensa kontak jiika tak dijaga kebersihannya akan membuat iritasi pada mata.

Menurut dr. Dewi Rosa Rina, Sp. M dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU), iritasi yang disebabkan karena lensa kontak ini dibagi dalam dua jenis iritasi ringan dan iritasi berat.

"Iritasi ringan seperti mata merah, sindroma mata kering dan lainnya. Kalau iritasi berat bisa sampai menyebabkan kornea mata bernanah," kata dr. Dewi Rosa Rina kepada ngopibareng.id.

Tentunya sebelum iritasi ini terjadi, bagi Anda pengguna lensa kontak ada tiga gejala yang bisa Anda kenali apabila mengalami iritasi akibat lensa kontak.

1. Mata Merah

Mata merah memang merupakan awal dari tanda iritasi mata.

"Tapi mata merah juga merupakan gejala paling awal apabila seseorang mengalami iritasi yang disebabkan oleh lensa kontak," ujar dokter dengan sub spesialis glaukoma ini.

Untuk itu, ujar Rina, jangan sembarangan mengobati mata merah sebelum mengetahui dengan pasti penyebabnya.

"Karena ditakutkan akan semakin menambah parah kondisi tersebut dengan pengobatan yang tidak tepat," imbuhnya.

2. Keluar Air Mata Secara Berlebihan

Setelah mata merah, Rina mengungkapkan, gejala yang kedua ialah keluar air mata secara terus menerus dan lebih banyak dari biasanya.

"Biasanya juga disertai rasa kemeng di mata yang mengganggu," sambungnya.

3. Sensitif Terhadap Cahaya

"Bukan hanya sensitif pada sinar matahari saja, bila ada iritasi mata yang disebabkan oleh lensa kontak gejala yang muncul juga sensitif terhadap cahaya. Jadi matanya akan lebih sensitif pada cahaya," jelas Rina.

Rina menambahkan, bila sudah ada gejala-gejala di atas sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Karena setiap kondisi seseorang memiliki pengobatan yang berbeda-beda.

"Setiap orang memang berhak mengunakan lensa kontak, tapi yang penting untuk diperhatikan adalah kebersihan lensa kontak dan kebersihan pemasangannya pada mata," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...